Apa KB yang cocok untuk menunda kehamilan?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 24 Tahun
dok, saya mau menunda kehamilan 1tahun.KB apa yg cocok untuk saya?saya belum pernah hamil sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NS,

KB adalah istilah untuk metode kontrasepsi yang ditujukan untuk menunda kehamilan. Metode kontrasepsi sendiri ada yang jenisnya hormonal dan non-hormonal dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika belum pernah hamil sebaiknya menggunakan metode kontrasepsi non-hormonal tetapi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti misalnya penggunaan kondom. Jika memilih menggunakan yang hormonal dapat memilih menggunakan pil KB dimana nantinya tidak memerlukan waktu lama untuk bisa kembali subur setelah lepas KB tetapi tetap memiliki risiko menimbulkan gangguan hormonal.

Hindari menggunakan KB suntik karena nantinya memerlukan waktu lebih lama untuk bisa kembali subur agar bisa segera hamil. Selain metode KB tersebut juga bisa dilakukan metode KB alami tetapi tidak terjamin bisa memberikan perlindungan yang optimal. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter kandungan atau bidan untuk metode kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menekan telapak kaki menggunakan ujung jari merupakan bentuk akupresur

Mirip dengan Akupuntur, Inilah Manfaat Akupresur yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Akupresur adalah teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang mirip dengan akupuntur. Jika akupuntur menggunakan jarum, maka akupresur dilakukan tanpa jarum dan hanya menggunakan tekanan jari saja.