Apa KB suntik tetap bisa hamil?

AA Info Penanya: AA, Pria
Apakah kontrasepsi KB suntik. Ada resiko jadi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Berbagai metode kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, pemasangan implan di lengan, IUD tetap memiliki angka kegagalan dalam artian tetap ada kemungkinan untuk hamil, namun persentasenya berbeda-beda.

Pada metode kontrasepsi dengan suntik KB, memiliki efektivitas sebesar 99% untuk menghambat terjadinya kehamilan, sehingga tetap ada faktor 1% untuk terjadinya kehamilan. Metode suntik KB ini ada yang dilakukan setiap sebulan sekali dan ada juga yang dilakukan suuntikan setiap 3 bulan sekali. 

Selama sel sperma dikeluarkan di dalam vagina, maka tetap ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan karena sekali melakukan ejakulasi maka akan keluar jutaan sel sperma, sedangkan yang dibutuhkan untuk terjadinya kehamilan hanya 1 sel sperma saja.

Sehingga bila Anda benar-benar ingin menunda kehamilan, maka gunakan kondom ketika berhubungan seksual untuk memperkecil kemungkinan hamil.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seks tanpa penetrasi tetap memungkinkan seorang wanita untuk hamil

Mengungkap 10 Mitos dan Fakta Mengenai Seks dan Kehamilan

Mitos dan fakta mengenai seks dan kehamilan mungkin masih jadi misteri bagi banyak orang. Tidak semua anggapan yang kerap Anda dengar itu benar. Anda mesti tahu mana yang termasuk mitos dan mana yang benar-benar fakta, supaya bisa terhindar dari kehamilan yang tidak direncanakan.