04 Feb 2021, 12:31Kulit & Kelamin

Apa kandungan baking soda sebagai obat jerawat?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, selain sebagai bahan untuk membuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Apa kandungan baking soda untuk jerawat?
110 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang N ,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering ditemui. Jerawat umumnya muncul pada daerah wajah, leher dan juga punggung. Bahan pembuat kue seperti baking soda (natrium bikarbonat) juga bisa digunakan untuk membasmi jerawat. Karena pada dasarnya mempunyai efek meredakan peradangan dan nyeri ringan. Senyawa kimia tersebut dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik sehingga mampu untuk mengatasi jerawat.

Beberapa tips untuk mengatasi jerawat :

  • Selalu jaga kebersihan kulit dengan rajin mencuci wajah 2 kali sehari
  • Menggunakan pelembab dan takbir surya
  • Hindari memegang wajah dengan tangan kotor
  • Jangan memencet jerawat
  • Gunakan kosmetik yang non-comedogenic
Penggunaan baking soda untuk mengobati jerawat bisa dilakukan dengan cara mencampur baking soda dengan air lemon, madu, minyak kelapa, cuka apel,dan minyak zaitun. Dan di oleskan pada bagian yang berjerawat dengan tipis. Jika muncul alergi seperti kemerahan, gatal di kulit sebaiknya di hentikan. Karena bisa saja kulit Anda tiak cocok menggunakan produk tersebut. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut sebaiknya, lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis kulit melalui online chat, ataupun Anda bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kulit terdekat dari lokasi Anda.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
jerawatpengobatan jerawatperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil