Apa kalori mie ramen aman untuk diet?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya sedang mengjalani program diet. Tapi karena saya nonton film korea, saya jadi mau makan mie ramen. Apa kalori mie ramen aman untuk diet?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Mie ramen adalah mie kuah khas jepang, yang terbuat dari tepung gandum Cina. Kuah ramen biasanya berasal dari kaldu ayam, sapi, maupun ikan. Untuk memberi rasa, kuah ramen akan diolah menggunakan soy sauce atau miso, lalu diberi topping seperti daging ayam, daun bawang, rumput laut, maupun bubuk bawang putih.

Kalori yang terkandung dalam ramen sebenarnya tergantung dari banyaknya mie serta topping yang tersaji, tetapi rata-rata satu mangkok ramen biasanya mengandung sekitar 400-500 kalori. Jumlah tersebut hampir setara dengan kalori nasi goreng, ayam geprek, ataupun nasi padang. 

Terkait pertanyaan Anda, pada prinsipnya, jika ingin menurunkan berat badan, kalori yang masuk harus lebih rendah daripada kalori yang keluar. Oleh karena itu, terlebih dulu Anda harus mengetahui kebutuhan kalori harian Anda. Konsumsilah makanan lebih sedikit daripada jumlah tersebut, ya.

Sebagai contoh, apabila kebutuhan kalori harian Anda 2000 kalori perhari, maka mengonsumsi ramen saja seharian penuh tentunya tidak mengganggu program penurunan berat badan. Tetapi, jika Anda mengonsumsi cake, cokelat, keripik kentang, dan makanan tinggi kalori lainnya bersama ramen, tentu akan menaikkan berat badan.

Tips Diet Sehat

Selain menghitung jumlah kalori, ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan dalam menurunkan berat badan, yaitu:

  • Tentukan target berat badan perlahan-lahan. Akan lebih mudah menurunkan sedikit demi sedikit, daripada langsung memasang target 'turun 30 kg'.
  • Konsumsi makanan rendah kalori, tinggi nutrisi, seperti sayur dan beberapa jenis buah
  • Minum air putih yang cukup
  • Tidur teratur, karena produksi hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang terjadi saat tidur
  • Rutin bergerak aktif atau berolahraga

Apabila Anda membutuhkan informasi lain atau program diet khusus untuk Anda, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis gizi ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minyak jagung memang mengandung nutrisi seperti vitamin E, namun risiko kesehatannya juga besar

Mengupas Manfaat dan Risiko Minyak Jagung, Sehat atau Tidak?

Minyak jagung sering digunakan dalam menggoreng menggunakan teknik deep frying. Namun, sebenarnya, minyak jagung sehat atau tidak, ya, untuk kesehatan?