Apa kaitan mimpi dengan kecemasan?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 14 Tahun
Kejadian ini kadang sering terjadi pada saya saat tiduf apalagi ketika saya sedang sakit. Saat tidur, saya merasa cemas akan sesuatu padahal tidak ada sesuatu, sesudah itu saya bermimpi berada di padang pasir, sendirian. Dari kejauhan, saya seperti melihat sesuatu tetapi saya tidak itu manusia atau bukan sampai saya takut tidak jelas. Makhluk itu seperti menghampiri saya dan ketakutan saya malah bertambah. Ketika mimpi itu hilang,saya masih takut dan terbangun dengan keringat dingin.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang XC,

Mimpi adalah sesuatu yang terjadi karena aktivitas kinerja otak saat kita tidur. Mimpi yang tidak mengenakan atau mimpi buruk sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor seperti misalnya mengalami kurang tidur, mengalami kecemasan, mengonsumsi obat tertentu, sedang mengalami depresi atau gangguan psikis lain. Sehingga tidak jarang timbul mimpi buruk saat sedang mengalami sakit atau demam misalnya.

Untuk mengatasi mimpi buruk bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Tetap tenang
  • Lakukan relaksasi seperti mengatur napas
  • Alihkan pikiran pada sesuatu yang bisa menenangkan
  • Memasang musik yang menenangkan
  • Berdoa

Jika masih tetap merasa cemas dan ketakutan bisa juga berbagi cerita pada orang tua agar bisa terhindari dari mimpi buruk di malam berikutnya. Upayakan juga cukup istirahat dan juga bisa melakukan penyegaran dengan melakukan kegiatan yang disenangi agar membantu mengalihkan pikiran dari rasa stres atau cemas yang bisa memicu mimpi buruk. 

Jika mimpi buruk terus terjadi bisa meminta orang tua untuk mengantar agar dilakukan pemeriksaan pada dokter atau psikolog agar dibantu mengatasinya. Isi dari mimpi buruk sendiri tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena tidak berkaitan atau akan berpengaruh pada kehidupan asli. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penangkal mimpi buruk tidak selalu berkaitan dengan hal-hal mistis, tetapi bisa dilakukan secara ilmiah

Ini Dia Penyebab dan Penangkal Mimpi Buruk Secara Ilmiah

Hampir semua orang pernah mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk membuat kita terbangun dari tidur sehingga mengganggu istirahat. Beberapa orang bahkan pernah mengalami mimpi buruk berkelanjutan sehingga sulit tidur. Mimpi buruk juga sering dikaitkan dengan hal mistis. Beberapa orang yang mengalami hal ini seringkali mencari penangkal mimpi buruk dengan berkonsultasi ke paranormal. Padahal penyebab dan penangkal mimpi buruk bisa dipandang dari sudut ilmiah, lho.