Hidung tersumbat dan batuk, gejala apa?

WE Info Penanya: WE, Pria, 20 Tahun
Siang dok, hidung tersumbat, menghirup udara seperti menghirup bau asap, sulit bernapas, kadang2 batuk, tp tidak ada gejala tenggorokan sakit atau demam dan lainnya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WES.

Ketika seseorang mengalami gejala hidung tersumbat dan batuk, kemungkinan besar sistem pernapasannya sedang terganggu. Selain dua gejala tersebut, bisa disertai gejala lain seperti demam, bersin-bersin, sulit bernapas, sesak, atau nyeri tenggorokan. Gangguan pada sistem pernapasan bisa disebabkan oleh infeksi maupun alergi.

Berikut adalah penyakit yang biasanya menimbulkan gejala-gejala yang Anda alami:

  • Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) bagian atas, yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri
  • Common cold atau dikenal juga dengan selesma, yang merupakan gejala batuk pilek ringan dan akan sembuh dengan sendirinya
  • Rhinitis alergi, yaitu kondisi peradangan hidung karena sensitif terhadap bahan tertentu. Kondisi ini bisa disertai dengan batuk juga, apabila benda asing tersebut terhirup.
  • COVID-19 yang sedang menjadi wabah saat ini karena Coronavirus jenis baru, namun biasanya 98% penderita COVID-19 juga mengalami demam

Apabila di masa wabah ini Anda mengalami gejala-gejala ringan pada pernapasan, sebaiknya Anda menunda untuk berobat terlebih dahulu dan melakukan isolasi diri selama 14 hari. Hindari bepergian, apabila harus dan tidak bisa ditunda gunakan masker dengan benar. Selain itu, selalu jaga kebersihan dengan mencuci tangan secara rutin di bawah air mengalir. Konsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup.

Jika selama 14 hari gejala Anda berangsur-angsur membaik, kemungkinan besar Anda tidak menderita COVID-19. Namun, jika gejala memberat, sebaiknya Anda menelepon 119 ext 9 untuk mengetahui apakah Anda perlu berobat ke rumah sakit rujukan.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TT
05 Apr 2020, 13:13
Gejala korona apa saja dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
06 Apr 2020, 16:16
Selamat siang, TT.
Berikut beberapa gejala yang dapat timbul pada infeksi virus corona, diantaranya adalah :
- demam
- batuk kering
- sakit tenggorokan
- sesak napas
- mual
- muntah
- diare
Namun, gejala tersebut tidaklah mutlak seluruhnya akan muncul, dapat beragam pada setiap individu yang terinfeksi.
Untuk informasi yang lebih lengkap, saya lampirkan artikel mengenai "https://www.sehatq.com/penyakit/virus-corona" untuk Anda.
Semoga bermanfaat.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Herd immunity adalah konsep kekebalan komunitas

Benarkah Herd Immunity Dapat Hentikan Pandemi Corona?

Herd immunity adalah konsep kekebalan komunitas yang bisa memperlambat laju penyebaran virus. Kekebalan ini bisa dicapai dengan melalui vaksin dan alami.