21 Feb 2021, 21:55Kulit & Kelamin

Apa jenis toner yang bagus untuk kulit kering?

SL
Info Penanya: SL0
Dokter, saya memiliki jenis kulit wajah yang kering. Saking keringnya, sering sekali kulit di wajah mengelupas sehingga membuat perih. Ada yang bilang kalau saya harus memilih toner yang bagus. Kira-kira jenis toner apa yang bagus untuk kulit kering?
74 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaToner wajah memiliki bahan dasar yang dominan air. Manfaatnya berupa melembabkan kulit wajah, mengencangkan kulit, menyeimbangkan pH kulit wajah, mempersiapkan kulit untuk tahapan perawatan wajah selanjutnya mengatasi jerawat dan lain sebagainya. Hal ini tentunya tergantung dari jenis toner yang digunakan. Berbeda jenis toner, tentunya berbeda pula kandungan di dalamnya.

Adapun beberapa jenis toner yaitu:

  • Toner untuk kulit kering 
    Mengandung beberapa bahan yang bsia melembabkan seperti lidah buaya, vitamin E, asam amino, mentimun dan lain sebagainya.
  • Toner untuk kulit berjerawat
    Mengandung asam salisilat, AHA, dan lain sebagainya.
  • Toner untuk kulit sensitif
    Mengandung bahan alami berupa chamomile atau bertuliskan hipoalergenik.
  • Toner untuk mencegah penuaan
    Mengandung antioksidan, hyaluronic acid, pelembab dan lain sebagainya. 
  • Toner untuk kulit normal
    Mengandung pelembab, hyaluronic acid, vitamin C, dan lain sebagainya.
Pilihlah jenis toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Cara untuk menggunakan toner pun perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya. Pastikan Anda sudah membersihkan wajah dengan pemersih dan sudah mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk atau kain yang lembut. Tuang toner pada kapas yang lembut, oleskna secara perlahan ke seluruh wajah kemudian tepuk-tepuk dengan lembut agar toner menyerap dengan baik. Lanjutkan dengan pengunaan produk perawatan kulit yang lain bilamana di perlukan.Selain menggunakan toner wajah dan produk perawatan kulit lain yang sesuai dengan jenis kulit Anda, pastikan Anda tetap konsumsi makanan sehat bergizi, minum air cukup, konsumsi sayur dan buah, jaga keberisihan tubuh agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga. Jika ada keluhan terkait kesehatan kulit periksalah ke dokter spesialis kulit terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
tips kesehatankulit keringperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil