07 Oct 2021, 15:17Penyakit Lainnya

Apa jenis olahraga untuk bentuk tubuh pear?

E
Info Penanya: E0
Dokter, apa benar jika ingin melakukan olahraga harus berdasarkan dengan bentuk badan? Lalu, olahraga untuk bentuk tubuh pear yang direkomendasikan seperti apa? Apa ciri ciri dari orang yang masuk ke dalam kategori bentuk tubuh pear? Selain buah pear, jenis jenis bentuk tubuh apa saja sih, dok?
193 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Tiap manusia memiliki bentuk tubuh yang berbeda dan untuk menentukan olahraga yang tepat untuk bentuk tubuh Anda bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya jika bentuk tubuh apel yang artinya Anda cenderung gemuk pada bagian perut, maka sebaiknya perbanyak olahraga bagian perut. Cara ini dilakukan untuk membagi otot mana yang perlu ditambah kekuatannya, serta bagian mana yang perlu dikurangi atau ditambah massa ototnya.Bentuk tubuh ada 5 macam yaitu bentuk apel, pir, segitiga terbalik, jam pasir, dan persegi panjang. Laki-laki umumnya banyak memiliki bentuk tubuh apel dan segitiga terbalik, sedangkan wanita cenderung memiliki bentuk tubuh pir atau jam pasir. Jika tubuh Anda berbentuk buah pir, yaitu tubuh bagian paha, pantat, dan betis lebih besar dibanding bagian dada dan lengan, Anda bisa melakukan olahraga squats untuk mengecilkan bagian paha dan walking lunges untuk mengecilkan bagian panggul dan pinggul.

Olahraga untuk tubuh bentuk pear

Untuk olahraga otot paha atau mengecilkan paha, gerakan-gerakan yang dapat Anda lakukan selain squat dan walking lunges adalah:
  • Jumping Jacks
  • Burpees
  • Glute kickbacks
Jangan lupa bahwa disamping olahraga khusus mengecilkan paha Anda tetap harus membakar kalori secara keseluruhan agar berat badan turun dan lemak tubuh berkurang. Konsumsi makanan tinggi protein dan rendah lemak seperti dada ayam, putih telur, ikan, produk susu rendah lemak serta perbanyak asupan buah dan sayur. Imbangi dengan diet yang dapat Anda konsultasikan dengan dokter spesialis gizi.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tips dietolahragamenjaga kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil