Apa itu terapi primolut dan apa kegunaannya?

JK Info Penanya: JK
Halo dokter, saya mau nanya mengenai kesehatan reproduksi dok. Saya sudah 2-3 bulan ini mengalami pendarahan di luar siklus haid saya dok. Saya sudah periksa dan disarankan untuk terapi primolut, tapi saya kurang paham apa sih terapi primolut itu dok? Dan apakah pendarahan ini bisa jadi penyebab kanker serviks?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JK,

Terapi dengan produk yang Anda sebutkan adalah terapi menggunakan obat hormonal yang berisi hormon progesteron sintetik yaitu norethisterone. Kegunaannya bisa digunakan untuk mengatasi perdarahan rahim berlebih, menunda haid terutama pada kondisi tertentu seperti beribadah dalam waktu lama, penanganan gangguan organ reproduksi yang berkaitan dengan hormonal seperti endometriosis, tidak haid dalam waktu lebih dari 3 bulan dan lainnya.

Penggunananya sendiri adalah dikonsumsi secara rutin sesuai kebutuhan tetapi tidak lebih dari 14 hari karena bisa menimbulkan perdarahan yang berlebihan setelah dihentikan karena saat mengonsumsi obat ini akan tidak terjadi peluruhan lapisan dinding rahim yang memicu perdarahan jadi saat dihentikan akan terjadi peluruhan yang bisa memicu perdarahan.

Untuk dosis dan cara minum sendiri perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan melalui proses pemeriksaan oleh dokter atau dokter kandungan terlebih dahulu terutama jika terjadi perdarahan diluar masa menstruasi agar dipastikan penyebabnya melalui pemeriksaan lab, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan dimana bisa disebabkan karena efek penggunaan KB, adanya tumor jinak di rahim, adanya disfungsi dari indung telur, ketidakseimbangan hormon, dan penyebab lainnya dimana kondisi ini tidak selalu berkaitan dengan kanker serviks. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.