Apa Itu Suspek, ODP, dan PDP Virus Corona?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hi dok, saya agak sedikit bingung dengan jenis-jenis sebutan orang yang terkena virus corona. Seperti ODP, PDP, Suspek, itu artinya apasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sejak wabah COVID-19, banyak istilah baru yang muncul, yaitu ODP, PDP, dan juga suspect. Istilah-istilah ini memiliki perbedaannya masing-masing. Ketiga istilah ini dibuat untuk mengelompokkan resiko dan gejala dari orang-orang yang memiliki kontak dengan pasien COVID-19 dan yang baru pulang bepergian dari luar negeri. 

Penjelasan ketiga istilah ini, yaitu: 

  • ODP: Orang Dalam Pemantauan. Yang masuk kategori ini adalah orang yang bepergian ke negara lain terutama yang menjadi pusat penyebaran virus corona dan pernah kontak langsung denga pasien yang psoitif corona tapi belum menunjukan gejala. 
  • PDP: Pasien Dalam Pengawasan. Orang yang masuk kategori ini sudah dirawat oleh tenaga medis dan menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek dan sesak napas. 
  • Suspect: orang yang diduga kuat terjangkit COVID-19 dan ada kontak dengan pasien COVID-19. Kelompok ini akan dilakukan pemeriksaan PCR untuk memastikan apakah positif terinfeksi virus corona atau tidak. 

Status ODP, PDP, dan Suspect ini didapat dari proses pendataan yang dilakukan oleh pemerintah dari lapangan. Orang yang masuk dalam kategori diatas wajib menjalankan karantina selama 14 hari dan mengikuti instruksi dari tenaga medis. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab benjolan di ketiak yaitu infeksi bakteri atau virus, limfoma, hingga pertumbuhan sel kanker

11 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Mungkin Pernah Anda Alami

Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan, namun memiliki banyak masalah kesehatan. Salah satunya adalah benjolan. Penyebab benjolan di ketiak yaitu infeksi bakteri atau virus, limfoma, hingga pertumbuhan sel kanker.