02 Jul 2020, 23:01Kulit & Kelamin

Apa itu suntik calon pengantin?

HM
Info Penanya: HM0
Selamat pagi dokter, saat ini saya sedang mengurus syarat nikah. Ternyata sekarang ini calon pengantin diminta untuk melakukan suntik calon pengantin di puskesmas terlebih dahulu. Sebenarnya ini sama seperti suntik flu biasa atau beda dok?
8765 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam HM,Pemeriksaan premarital adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan calon pengantin sebelum menikah dimana saat ini pemeriksaan premarital menjadi salah satu syarat untuk bisa mengajukan permohonan pernikahan pada Kantor Urusan Agama ataupun pada Catatan Sipil.Nantinya apabila sudah melakukan pemeriksaan premarital, calon pengantin akan diberikan sertifikat layak kawin yang dikeluarkan oleh puskesmas. Calon pengantin juga bisa melakukan pemeriksaan premarital pada rumah sakit ataupun laboratorium lain. 

Pemeriksaan premarital

Pemeriksaan premarital sendiri bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon pengantin baik pria dan wanita. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan seperti:
  • Pemeriksaan fisik dan
  • Pemeriksan tambahan seperti pemeriksaan lab darah untuk mengetahui ada tidaknya kondisi kesehatan yang bisa diturunkan seperti talasemia, anemia, penyakit darah genetik
  • Pemeriksaan penyakit menular terutama HIV, hepatitis, dan penyakit menular seksual seperti sifilis
  • Pemeriksaan narkoba jika diperlukan ataupun apabila ada riwayat penggunaan zat
Bisa juga dilakukan pemeriksaan organ reproduksi dan pemeriksaan kesuburan agar bisa mengetahui kondisi kesehatan reproduksi pasangan. Nantinya juga akan diberikan suntikan tetenus atau imunisasi TT/Tetanus Toxoid untuk mencegah terjadinya penyakit tetanus terutama ketika nanti hamil dan melahirkan. Jadi bukan merupakan suntik flu ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
pemeriksaan pra nikahtips kesehatanpernikahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil