Apa itu purging setelah mengganti sabun wajah?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Sudah dua minggu ini saya mengganti sabun cuci muka saya yang biasa dengan sabun bamboo dok. Kata beauty vlogger produk ini ampuh soalnya. Tapi kok saya coba malah tambah banyak ya dok jerawatnya? Apa ini yang namanya purging dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Purging adalah suatu keadaan di mana kulit mengalami penyesuaian dalam menggunakan produk baru. Kulit akan mengalami kemerahan, agak bengkak, dan terjadi peradangan. Purging bisa muncul karena tidak cocok terhadap penggunaan obat atau kosmetik tertentu atau penyesuaian kulit dalam produk tertentu. Biasanya muncul karena suatu produk yang mengandung jenis AHA, BHA atau scrub, asam retinoid, atau peeling yang bekerja hingga ke lapisan bawah kulit.

Purging bisa terjadi 3-4 minggu, namun hal ini tentunya berbeda-beda pada tiap individu. Untuk mengurangi purging yang terjadi, sebaiknya kurangi kadar obat atau produk kecantikan yang Anda gunakan. Atau jika purging terjadi semakin parah, sebaiknya hentikan penggunaan kosmetik atau obat tertentu, kompres dengan air dingin dan jangan menggunakan kosmetik yang terlalu tebal.

Efek purging akan menghilang selama beberapa waktu, namun jika efek purging tidak membaik hingga 4 minggu, dan muncul jerawat yang bertambah parah, sebaiknya periksakan ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memutihkan kulit tangan yang belang dengan sunblock

Mengenal Cara Memutihkan Kulit Tangan yang Belang

Cara memutihkan kulit tangan yang belang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari eksfoliasi, hingga produk pencerah kulit bisa Anda digunakan.