Apa itu prolaps katup mitral jantung? Apa berbahaya?

PI Info Penanya: PI, Wanita, 34 Tahun
Selamat siang Dokter,Satu tahun lalu saya sering merasa sakit dada kiri, jantung seperti ditekan dan berdebar keras bisa terjadi saat sedang tiduran ataupun lagi aktivitas. Beberapa bulan lalu keluhan saya bertambah dan saya coba cek ke dokter jantung.Dilakukan Echo dengan hasil :Katup mitral: prolaps katup daun anterior dan posterior, dengan regurgitasKatup aorta dlm batas normalPulmonal dan trikuspid dlm batas normalLA tak dilatasi, LV global normokinetik, tak dilatasi.RA dan RV tak dilatasi.LVEF 55E/A Ratio 1.55.Apakah kondisi yang berbahaya Dok? Dan akhir akhir ini saya sulit untuk tidur karena jantung berdebar sangan keras dan dada seperti ditekan ataupun tertimpa. Terima kasih banyak Dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu PI,

Sesuai hasil Echocardiografi yang Ibu sampaikan diatas, sangat mungkin Ibu mengalami apa yang dikenal dengan nama Mitral Valve Prolaps (MVP), yaitu terdorongnya katup mitral  ke arah atrium saat jantung memompa darah, padahal seharusya katup ini tertutup.

Saat bekerja normal, katup mitral menutup sepenuhnya selama kontraksi ventrikel kiri dan mencegah darah mengalir kembali ke ruang kiri atas jantung  atau atrium kiri.

 

Adanya regurgitasi artinya saat terdorongnya katup disertai kebocoran darah dari arah depan dan belakang katup mitral.

Kondisi MVP sering ditemukan tanpa gejala dan tidak membahayakan jiwa dan dibawa sejak lahir tanpa disadari, ditemukan lebih banyak pada wanita.

Gejala yang umumnya dikeluhkan oleh penderita MVP berbeda antara tiap orang, dari ringan sampai berat antara lain :

 

  • Dada terasa kencang atau detak jantung tidak teratur (berdebar)
  • Pusing atau sakit kepala ringan
  • Kesulitan bernafas atau sesak nafas, sering saat berbaring atau selama aktivitas fisik
  • Kelelahan
  • Nyeri dada yang bukan disebabkan oleh serangan jantung atau penyakit arteri koroner lain.

 

MPV umumnya tidak membahayakan namun ada beberapa komplikasi yang dapat menyertai MPV yang berat, komplikasi antara lain :

  • Regurgitasi katup mitral adalah komplikasi yang paling umum yaitu kondisi di mana katup bocor kembali ke atrium kiri (regurgitasi katup mitral).
  • Penderita Pria dengan  tekanan darah tinggi meningkatkan risiko komplikasi regurgitasi katup mitral
  • Pada kebocoran katup berat,  diperlukan pembedahan untuk memperbaiki atau mengganti katup untuk mencegah gagal jantung.
  • Masalah irama jantung termasuk berdebar - debar (aritmia). Kondisi ini sangat mengganggu tapi tidak mengancam jiwa.
  • Orang dengan regurgitasi katup mitral berat atau deformitas pada katup mitral mereka paling berisiko mengalami masalah irama, yang dapat mempengaruhi aliran darah melalui jantung.
  • Endokarditis adalah infeksi pada lapisan jantung, sangat mungkin terjadi dan dapat mengakibatkan rusaknya katup mitral oleh bakteri.

Sebaiknya sebelum menjalani operasi gigi atau operasi apapun, beritahukan kondisi jantung Ibu kepada Dokter supaya dapat diberikan Antibiotik yang sesuai.

Bila gejala telah terasa mengganggu aktifitas maka sebaiknya Ibu mengunjungi Dokter Spesialis Jantung (SpJP) untuk berkonsultasi dan minta pengobatan lebih lanjut.

 


Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelelahan dan badan lemas yang terjadi terus-menerus bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari

Sering Capek? Cari Tahu Penyebab Badan Lemas

Sering merasa lelah dan badan lemas? Penyebab badan lemas bisa dikarenakan berbagai alasan. Namun, apapun alasannya, Anda perlu menelusuri penyebab badan lemas yang dialami, terutama jika badan lemas dirasakan secara terus-menerus dan menyulitkan kegiatan sehari-hari.