Apa itu pneumonia ?

ZF Info Penanya: ZF, Pria, 19 Tahun
Paru paru basah jika mengeluarkan darah dan mimisan apakah berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ZF.

Paru-paru basah atau istilah medis disebut pneumonia adalah peradangan akut pada parenkim paru, bronkiolus respiratorius dan alveoli, menimbulkan konsolidasi jaringan paru sehingga dapat
mengganggu pertukaran oksigen dan karbon dioksida di paru-paru. Penyebab pneumonia adalah infeksi
bakteri, virus, dan jamur.

Gejala khas dari pneumonia adalah demam, menggigil, berkeringat, batuk (baik non produktif atau produktif atau menghasilkan sputum berlendir, purulen, atau bercak darah), sakit dada karena pleuritis dan sesak napas. Pneumonia sendiri jarang menimbulkan keluhan mimisan.

Pneumonia bisa ringan sampai berat dan bisa menimbulkan komplikasi lain, sebaiknya kontrol ulang ke dokter spesialis paru untuk pemeriksaan lebih lanjut, agar diketahui penyebab pasti terjadinya mimisan. Berbahaya atau tidaknya pneumonia tergantung keluhan yang dirasakan, pemeriksaan fisik yang ditemukan, hasil pemeriksaan penunjang (laboratorium, radiologi) atau ada tidaknya komplikasi lain.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi paru-paru dapat menimbulkan komplikasi yaitu empiema

Ketahui Kaitan Antara Infeksi Paru-paru Pneumonia dan Empiema

Infeksi paru-paru pneumonia yang tidak segera mendapatkan penanganan akan memicu penumpukan cairan pada paru-paru. Bila cairan berlebih ini terinfeksi, maka akan muncul nanah pada paru-paru atau biasa disebut empiema.