26 May 2021, 13:11Penyakit Lainnya

Apa itu penyakit diabetes melitus?

FS
Info Penanya: FS0
Siang dok, apakah penyakit diabetes melitus sangat berbahaya? nenek saya habis periksa katanya terkena diabetes mellitus dok. Penyebabnya apa ya dok?? apakah kalau tidak berobat penyakit ini bisa berbahaya? cara mencegahnya gimana do??? saya takut banget.
153 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Sore FS,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Diabetes melitus merupakan kelainan yang terjadi pada kelenjar insulin sehingga menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Normalnya kadar gula darah di kontrol oleh insulin, namun karena insulin mengalami gangguan maka kadar gula darah menjadi tidak terkontrol. Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik akan mengakibatkan komplikasi penyakit lain seperti stroke, jantung, gangguan pada mata dan ginjal.

Beberapa gejala yang sering muncul pada diabetes :

  • Sering haus
  • Sering lapar
  • Sering kencing terutama pada malam hari
  • Padangan mata buram
  • Luka yang lama sembuh
Diabetes umumnya terbagi menjadi diabetes 1 dan 2. Diabetes 1 bermula dari usia anak. Sedangkan diabetes 2 disebabkan oleha gaya hidup, sehingga dapat muncul dalam usia berapa saja. Diagnosis diabetes dilakukan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pengecekan gula darah puasa normalnya <126 mg/dL dan gula darah sewaktu normalnya <200 mg/dL. Sehingga jika Anda mendapatkan kadar gula darah yang meningkat sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter penyakit dalam atau lakukan konsultasi online chat ke dokter penyakit dalam.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
diabetesdiabetes melitus tipe 1diabetes melitus tipe 2
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil