Apa itu operasi degloving approach untuk tumor hidung?

S Info Penanya: S, Pria, 32 Tahun
Apakah resiko dari pembedahan secara Degloving Approach untuk tumor hidung? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk operasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yang terhormat Bapak S,

Sesuai hasil penelitian, Tumor hidung dan sinus paranasal pada umumnya jarang ditemukan, baik yang jinak maupun yang ganas.

Hidung dan Sinus Paranasal atau juga disebut Sinonasal merupakan rongga yang dibatasi oleh tulang-tulang wajah yang merupakan daerah yang terlindung sehingga tumor yang timbul didaerah ini sulit diketahui secara dini.

Asal tumor primer juga sulit ditentukan, apakah dari hidung atau sinus karena biasanya pasien berobat dalam keadaan penyakit telah lanjut dan tumor sudah memenuhi rongga hidung dan seluruh sinus.

Salah satu jenis pembedahan untuk tumor hidung adalah Metode Degloving Approach  atau nama lainnya adalah Midfasial Degloving.

Operasi Midfasial Degloving adalah Tindakan operasi yang dilakukan dengan General Anestesi ( Bius umum ). Pemeriksaan Tarrsoraphy untuk daerah temporobilateral penting dilakukan sebelumnya.

Prosedur operasi dengan Metode Degloving Approach  atau Midfasial Degloving, berturut - turut secara sederhana kami jelaskan sebagai berikut :

  1. Pasien ditidurkan dengan anetesi umum
  2. Dokter Operator melakukan  insisi Transfixion (transnasal), yaitu insisi pada celah antara tulang rawan (bilateral) kanan kiri, yang memisahkan cuping hidung kanan dan kiri. Kemudian melakukan sayatan di bagian cuping hidung bagian dalam untuk memisahkan jaringan lunak hidung dengan jaringan tulang rawan hidung. Untuk memperluas, pemisahan jaringan ini dilakukan dari dinding anterior(depan) rahang atas kedua sisi, dilanjutkan sampai ke seluruh glabela dan tulang frontal.
  3. Kemudian Dokter Operator akan melakukan insisi sublabial, yaitu dilakukan insisi di mulai dari gigi geraham yang satu, menyusuri garis tengah gusi rahang atas sampai ke gigi geraham yang berlainan arah. Insisi ini juga dapat dilakukan mulai dari geraham 3 bila memerlukan area yang lebih luas. Insisi memisahkan daerah sub mukosa (dibawah selaput lendir ) dengan otot di dinding depan rahang atas, dengan cara menurunkan kebawah.
  4. Setelah piramida tulang hidung terlihat jelas dari sayatan sublabial, disebut Complete Degloving. Selanjutnya diberikan drain ( saluran irigasi ) , yang dilepaskan salah satunya, untuk mengalirkan perdarahan ke bagian tengah dari bibir atas. Drain dipasang sebanyak 2 buah ( tipe penrose) melewati hidung dan bibir atas, dan digunakan juga untuk menarik midfasial flap / penutup midfasial.
  5. Dokter Operator akan mempertimbangkan untuk melakukan insisi mukosa hidung bagian lateral/luar, sebelum melakukan pengangkatan rahang atas bagian medial/tengah,hanya diluar celah piriform depan, membentuk flap dari bagian atas ke bawah, di bagian mukosa hidung. Hal ini dilakukan setelah Complete Degloving.
  6. Dilakukan pengangkatan tulang rahang atas, dan pengangkatan tumor setelah itu dilakukan penutupan kembali luka sayatan lapis demi lapis untuk dikembalikan ke keadaan semula.

Lamanya waktu operasi sangat ditentukan oleh keahlihan Dokter Operator, luasnya jaringan yang rusak oleh tumor dan besar kecilnya tumor.

Pilihan metode Operasi Degloving Approach / Midfasial Degloving, adalah untuk tumor hidung dengan kondisi :

  • Inverted papiloma tumor
  • Angiofibroma Nasofaring
  • Tumor lain yang meluas sampai di Kavum Nasi ( rongga hidung )

Keuntungan dari operasi ini adalah : dapat dilakukan kontrol secara maksimal terhadap tumor hidung, dan keberhasilan operasinya sangat besar.

Dalam beberapa kasus terdapat komplikasi operasi berupa rasa baal karena luka pada syaraf dibawah mata, kakunya lubang hidung, sampai terjadinya sumbatan pada Duktus Nasolaksimalis (Saluran kelenjar airmata bagian bawah yang berada dekat hidung) dikenal dengan nama Epiphora. Epiphora ditandai dengan melubernya air mata dari kelopak mata bagian bawah.

Sebaiknya lakukan konsultasi lebih lanjut dengan Dokter THT terdekat dikota Bapak. Bila diperlukan Bapak dapat meminta pendapat dari beberapa Dokter yang berbeda.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi spina bifida adalah salah satu cara untuk meminimalisir dampak penyakit ini

Operasi dalam Rahim, Alternatif Lain untuk Operasi Spina Bifida

Operasi penutupan spina bifida biasanya dilakukan setelah bayi lahir. Operasi ini dilakukan bukan untuk menjawab pertanyaan apakah spina bifida bisa disembuhkan, melainkan untuk meminimalisir dampak yang terjadi akibat penyakit ini. Kini, ada operasi dalam rahim yang bisa dilakukan dengan hasil yang lebih baik.