Apa itu obat Suprax?

SM Info Penanya: SM
Dok, suprax tuh obat apa yah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SM,

Suprax adalah obat dengan kandungan antibiotik yaitu cefixime. Obat ini merupakan obat resep yang penggunaannya hanya bisa diberikan apabila melalui pemeriksaan oleh dokter terlebih dahulu dan ditebus menggunakan resep dokter. Seperti golongan antibiotik lain, obat ini diindikasikan untuk mengatasi infeksi bakteri, terutama pada infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas, infeksi pencernaan, radang paru dan indikasi lainnya.

Obat ini memiliki sejumlah efek samping yang dapat terjadi seperti diantaranya adalah:

  • Reaksi alergi bisa timbul seperti ruam kulit, sesak, mata bengkak ataupun reaksi alergi yang lebih berat
  • Gangguan pencernaan seperti mual dan muntah
  • Perubahan mood atau suasana perasaan
  • Urine yang bisa menjadi lebih gelap

Sama seperti obat lain, cefixime juga bisa berinteraksi dengan zat ataupun obat lainnya jadi tidak boleh sembarangan membeli obat ini dan digunakan tidak dengan dosis dan aturan pakai yang tepat. Jika mengonsumsi antibiotik juga perlu dihabiskan sesuai dengan anjuran dokter untuk mencegah risiko terjadinya resistensi obat.

Perhatikan juga jika memiliki riwayat alergi obat, memiliki masalah ginjal, liver atau sedang hamil agar berkonsultasi terlebih dahulu. Jika ada masalah kesehatan yang dirasakan periksakan diri pada dokter ya, agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Paru-paru basah biasanya baru akan terdeteksi setelah melakukan rontgen dada

Ciri-ciri Paru-paru Basah dan Sederet Penyakit yang Jadi Penyebabnya

Paru-paru basah adalah kondisi menumpuknya cairan pada area di sekitar paru-paru dan rongga dada. Ciri-cirinya adalah sakit dada, batuk kering, demam, sesak napas, napas pendek, sering cegukan, dan cepat merasa lelah. Paru-paru basah paling sering disebabkan karena adanya kebocoran dari organ lain, kanker, infeksi bakteri, dan penyakit autoimin.