Apa itu masturbasi?

B Info Penanya: B, Pria, 2019 Tahun
apakah masturbasi memengaruhi pertumbuhan seorang anak umur 15
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, B.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Masturbasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan rangsangan seksual guna mendapatkan puncak orgasme (kenikmatan seksual). Aktivitas seksual ini biasanya dilakukan dengan menyentuh, membelai, atau memijat area sensitif dari organ intim diri sendiri. Setiap orang akan mencoba melakukan berbagai teknik masturbasi yang paling cocok untuk mencapai orgasme. Pada pria, diberikan rangsangan pada penis seperti menyentuh atau memijat. Sedangkan pada wanita, memberikan rangsangan seksual pada payudara, klitoris, dan vagina.

Walaupun banyak masyarakat yang masih mengganggap kalau masturbasi adalah hal yang tabu, tapi ternyata banyak manfaat dari masturbasi, yaitu:
  • Meringankan stress
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Meningkatkan suasana hati
  • Merasakan kenikmatan saat berhubungan intim

Tetapi jika pada remaja usia 15 tahun, rata-rata sedang mengalami perkembangan organ seksualnya. Itu merupakan hal yang wajar terjadi asal diberikan pengetahuan mengenai organ seksual. Pendidikan seksual pada remaja itu sangat penting dan bermanfaat. Jadi, tidak ada salahnya Anda memberikan atau mempelajari mengenai pendidikan seksual. Karena masturbasi yang berlebihan juga tidak baik. Jika sudah berlebihan dan mengganggu aktivitas, lebih baik segera konsultasi ke dokter.

Salam sehat,

dr. Ester

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vitamin dan nutrisi untuk meningkatkan nafsu seks

7 Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Seks

Makanan berperan meningkatkan kualitas seks. Sebab, dorongan seksual yang sehat berhubungan dengan kesehatan secara fisik dan emosional. Jika kualitas hubungan dengan pasangan menurun, waktunya memperbaiki pola makan. Apa saja makanan yang bermanfaat untuk kualitas seks Anda?