apa itu kanker tiroid dan hashimoto tiroiditis

IF Info Penanya: IF, Wanita, 2019 Tahun
Apa itu arti kanker tiroid hashimito tiroiditis dan apa sama pantangangan makanannya kanker tiroid lainya.trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam IF

Tiroiditis Hashimoto adalah penyakit radang kelenjar gondok akibat proses autoimun kronis yang ditandai dengan infiltrasi limfositik kelenjar gondok tiroid. Sedangkan pada kanker tiroid adalah pertumbuhan sel karsinoma atau keganasan pada kelenjar tiroid yang dapat ditandai dengan benjolan nodul ganas pada kelenjar gondok. Kedua penyakit ini berbeda, Hashimoto tiroiditis terjadi akibat autoimun dengan penyebab tidak jelas sementara kanker tiroid diakibatkan sel ganas pada folikuler atau papiler.

Seseorang dengan tiroiditis hashimoto mungkin hadir dengan keluhan perasaan penuh atau tidak nyaman yang tidak jelas di leher, mungkin memiliki gejala hipotiroidisme seperti lemah lesu, sembelit, penambahan berat badan, intoleransi dingin, kantung wajah, kulit kering, rambut rontok, suara serak, menstruasi tidak teratur atau juga terdapat gejala hipertiroidisme jantung berdebar, penurunan berat badan, diare, tremor, insomnia, menstruasi tidak teratur, intoleransi panas. 

Untuk kanker tiroid biasanya didapatkan benjolan nodul  tiroid yang teraba ditemukan pada pemeriksaan fisik rutin serta hasil histopatologi ditemukan sel keganasan. 

Untuk pantangan makanan pada pasien dengan masalah tiroid tergantung pada fungsi hormon tiroid yang ditemukan pada pemeriksaan lab darah. Untuk itu sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam Sp.PD divisi endokrin

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aktivitas fisik seperti berolahraga juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan hormon seseorang

9 Cara Menyeimbangkan Hormon, Sudahkah Anda Lakukan?

Ketidakseimbangan hormon dapat memicu penyakit seperti obesitas hingga diabetes. Cara menyeimbangkan hormon bisa dimulai dari menjaga kualitas tidur hingga pola makan.