Apa itu iritabilitas?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, apa itu iritabilitas? Apakah ini termasuk gangguan mental?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Iritabilitas berasal dari kata 'irritable' yang berarti mudah marah atau mudah kesal. Dalam ilmu kesehatan jiwa, iritabilitas termasuk gangguan mood (suasana hati).

Dalam kehidupan sehari-hari, kadangkala seseorang dapat mengalami iritabilitas dan lebih mudah marah apabila sedang mengalami kondisi tertentu, yaitu:

  • Tekanan psikologis yang berlebihan dalam kehidupan
  • Kurang tidur
  • Perubahan hormon karena menstruasi atau kehamilan
  • Saat kadar gula darah rendah, misalnya ketika lapar

Kondisi iritabilitas dapat dikatakan wajar apabila menghilang saat pemicunya sudah diselesaikan. Misalnya, apabila orang tersebut mudah marah karena sedang menstruasi, maka seharusnya akan kembali normal dan tidak lagi mudah kesal setelah menstruasi selesai.

Namun, apabila iritabilitas terjadi berkepanjangan dan disertai dengan gejala lainnya, maka ada kemungkinan orang tersebut memiliki gangguan psikologis tertentu. Beberapa penyakit yang memiliki gejala iritabilitas adalah gangguan kepribadian antisosial, gangguan bipolar tipe manik, maupun gangguan mental organik.

Apabila demikian, ada baiknya Anda membawa seseorang yang memiliki gejala tersebut ke pakarnya, yaitu psikolog atau psikiater (dokter spesialis jiwa). Nantinya, akan dilakukan tanya jawab yang mendalam terkait masa lalu, masa kini, serta pandangan akan masa depan. Apabila diperlukan, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang juga. Barulah setelahnya akan diberikan penanganan yang sesuai, misalnya dengan psikoterapi atau obat-obatan. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Waspada dengan data pribadi saat melakukan online dating

7 Cara Aman Menjajal Online Dating

Dunia digital menyimpan berjuta misteri. Termasuk saat mencoba peruntungan untuk mencari jodoh lewat online dating. Ada yang berakhir happy ending di pelaminan, ada pula yang berjalan buruk hingga menimbulkan trauma. Gunakan tips aman online dating. Hati-hati dengan data pribadi Anda