Apa itu hipotensi/tekanan darah rendah ?

SS Info Penanya: SS, Pria, 19 Tahun
tensi 124/54 tapi pusing kepala
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SS.

   Tekanan darah rendah/Hipotensi adalah kondisi dimana tekanan darah (rasio tekanan sistolik dan tekanan diastolik) didapatkan lebih rendah dari nilai normal yang umum ditemukan pada individu normal, yang pada pengukuran tekanan darah kurang atau sama dengan 90/60 mmHg.

   Hipotensi dapat menyebabkan gejala pusing, konsentrasi menurun, sempoyongan, penglihatan buram, lemas, mudah lelah, kulit terasa dingin ataupun pingsan. Jika tekanan darah terlampau rendah, aliran darah ke jantung, otak, dan organ vital lainnya tidak cukup.

   Penyebab tekanan darah rendah antara lain hipotensi ortostatik. Hipotensi ortostatik berarti bahwa pembuluh darah tidak merespon saat terjadi perubahan posisi, misalnya dari duduk ke posisi berdiri, sehingga terjadi penurunan tekanan darah. Penyebab hipotensi ortostatik meliputi: penyakit sistem saraf (seperti neuropati), istirahat di tempat tidur dalam waktu yang lama , irama jantung yang tidak teratur, penyakit kencing manis (kerusakan saraf mengganggu refleks yang mengontrol tekanan darah).

   Penyebab tekanan darah rendah lainnya adalah dehidrasi (kekurangan cairan), penyakit jantung, psikis (stres emosional, takut, rasa tidak aman/nyeri), dan sebagainya.

   Terkait keluhan anda, pusing yang anda rasakan kemungkinan karena tekanan diastolik anda kurang (54 mmHg), Namun tidak menutup kemungkinan ada penyebab lain seperti infeksi, anemia, gula darah rendah.

   Pengobatan pusing tergantung penyebabnya, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut agar dapat di ketahui diagnosis dari keluhan anda, sehingga terapi yang di berikan tepat.

Beberapa tips sementara yang dapat dilakukan :

  • Perbanyak minum untuk mencegah dehidrasi
  • Bergerak perlahan saat perubahan posisi dari duduk ke berdiri, atau dari berbaring ke berdiri
  • Makan porsi sedikit tapi sering
  • Jangan berdiri terlalu lama
  • Jangan minum minuman berkafein pada malam hari
  • Hindari konsumsi alkohol secara berlebihan
  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran
  • Istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

AB
25 Jun 2019, 08:28
hahaha
AB
25 Jun 2019, 08:28
eh maap
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.

Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

Seringkali Anda mengalami pusing tanpa mengetahui penyebabnya. Tanpa disadari, penyebab pusing yang Anda alami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang Anda konsumsi.