Apa itu herd immunity?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 29 Tahun
Dok herd immunity dalam corona itu sebenernya apa sih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RD.

Herd immunity adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti kekebalan komunitas. Maksudnya, jika dalam sebuah komunitas tertentu dan mayoritas kebal terhadap suatu penyakit, maka sisanya juga akan terlindungi. Kekebalan dapat didapat dari vaksin, atau pada mereka yang pernah mengalami penyakit tersebut.

Sedangkan coronavirus adalah salah satu golongan virus yang menyebabkan gangguan pernapasan. Tahun 2019 kemarin, ditemukan satu jenis coronavirus terbaru yang menyebabkan penyakit bernama COVID-19, yang masih menjadi pandemi dan belum terselesaikan sampai saat ini.

Terkait pertanyaan Anda, herd immunity dalam menghadapi corona adalah salah satu metode yang pernah tercetus. Tetapi, karena vaksinnya belum ditemukan, maka metode yang bisa digunakan adalah 'kekebalan alami', yaitu mengizinkan sekitar 60% orang sehat terinfeksi virus hingga mereka sembuh. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa 60% itu harus sembuh semua dan tidak boleh meninggal. Jika meninggal, perlu lebih banyak lagi yang terinfeksi.

Oleh karena itu, konsep herd immunity ini belum bisa dipakai untuk COVID-19, sampai vaksinnya ditemukan. Langkah yang terbaik adalah dengan pencegahan mulai dari diri sendiri, yaitu menggunakan masker jika keluar rumah, sering cuci tangan, dan melakukan physical distancing. Jangan lupa perkuat kekebalan tubuh dengan makan bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga dan kendalikan tingkat stres ya.

Jika muncul gejala seperti demam, batuk kering, maupun sesak napas, segera lakukan karantina mandiri dan hubungi dokter jika gejala memberat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemberian vaksin akan membantu anak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Tetap Provaksin di Tengah Munculnya Kelompok Antivaksin, Ini Alasannya

Perdebatan mengenai pemberian vaksin telah berlangsung sejak dulu hingga menghasilkan kubu antivaksin dan provaksin. Namun, banyak pendapat kelompok antivaksin yang sebenarnya justru dapat membahayakan kesehatan anak.