Apa itu gula darah sewaktu?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, sebenarnya gula darah sewaktu itu apa sih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Gula darah sewaktu adalah pemeriksaan untuk mendeteksi kadar glukosa darah secara spontan, yang bisa dilakukan kapan saja. Selain sewaktu, biasanya ada pemeriksaan gula darah puasa dan dua jam setelah makan. Ketiga pemeriksaan gula darah tersebut akan memberikan hasil yang berbeda, dan nilai rujukan normalnya juga berbeda.

Pemeriksaan gula darah sewaktu dapat dilakukan secara berkala oleh siapa saja. Pada orang sehat, dapat dilakukan skrining secara rutin setiap enam bulan. Hal ini penting untuk mendeteksi dini penyakit diabetes, sehingga jika ada gejala ke arah penyakit tersebut, dapat ditangani dengan segera.

Sedangkan pada mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes, disarankan untuk memonitor gula darah secara lebih ketat sesuai petunjuk dokter spesialis penyakit dalam. Ada beberapa kondisi dimana gula darah bahkan perlu dimonitor setiap hari.

Nah, agar hasil pemeriksaan gula darah senantiasa normal, lakukan hal-hal berikut ini:

  • Mengonsumsi karbohidrat kompleks (beras merah, roti gandum, oat) ketimbang karbohidrat simpleks (beras putih, roti putih)
  • Membatasi konsumsi makanan manis, atau yang mengandung pemanis buatan
  • Bergerak aktif atau berolahraga secara rutin
  • Menghindari stres, karena berpengaruh terhadap gula darah

Jika ada keluhan seperti cepat lapar, haus, atau sering berkemih, tetapi disertai dengan penurunan berat badan, segera periksakan ke dokter, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gula cair bukan hanya ada di dimnuman bersoda tetapi juga di jus

Lebih Bahaya Gula Cair Dibandingkan Gula Biasa, Benarkah?

Dampak negatif dari terlalu banyak mengonsumsi gula cair bisa tidak disadari. Bukan hanya minuman yang jelas-jelas tidak disarankan seperti soda saja, tapi juga jus buah dalam kemasan yang kerap dianggap lebih sehat.