22 Feb 2021, 20:57Psikologi

Apa itu gangguan psikotik?

JB
Info Penanya: JB0
sebenernya saya sudah 4 - 5 kali berkonsultasi pada dokter umum. Terakhir saya menggunakan fitur apk kesehatan juga dan ngechat psikiater. Dia bilang saya kemungkinan terkena sakit gangguan psikotik. Sebenarnya gangguan psikotik itu apa? Dan krn saya masih dibawah umur dan mengenai sakit saya, belum ada satupun kel, teman dekat, atau siapapun yg tau sakit saya, apakah benar saya tidak bisa berobat sendiri krn msh dibawah umur walau berkonsultasi ke RS Swasta?
333 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, JBTerima kasih atas pertanyannnya.Gangguan psikotik adalah kumpulan penyakit yang menganggu pikiran atau mental seseorang.  Gangguan ini akan membuat seseorang tidak dapat berpikir jernih, rasional, serta bertingkah laku dengan benar.  Gangguan psikotik itu sendiri terdiri dari beberapa jenis.

Jenis-jenis gangguan psikotik :

  • Skizofrenia yaitu kondisi dimana terjadi gangguan perilaku seperti halusinasi, delusi yang terjadi lebih dari 6 bulan. Skizofrenia dapat disertai dengan gangguan bipolar.
  • Gangguan delusi ketika seseorang merasa ada peristiwa yang mungkin terjadi tetapi sebenarnya tidak terjadi seperti diikuti orang, akan dicelakai, merasa memiliki penyakit.
  • Gangguan psikotik karena penyakit cedera kepala atau tumor otak.
Seseorang dengan gangguan psikotik akan mengalami gejala seperti halusinasi baik suara, penciuman, rasa, pikiran, penglihatan yang sebenarnya tidak ada.  Dan delusi yaitu kepercayaan bahwa ada sesuatu yang terjadi padahal tidak terjadi pada orang tersebut. Untuk menentukan seseorang terdiagnosa gangguan psikotik memang memerlukan pemeriksaan secara langsung agar dokter dapat menilai seperti apa kondisi orang tersebut.  Terkait yang anda tanyakan, seseorang yang mengalami gangguan pada psikologis perlu memberitahu setidaknya keluarga inti karena paling utama adalah dukungan dari keluarga.  Lalu saat periksa ke psikiater sebaiknya ditemani dengan salah satu keluarga yang anda percaya.  Hal ini untuk mencegah adanya satu dan lain hal misal di perjalanan serta dokter juga memerlukan pendapat dari keluarga jadi tidak hanya dari sisi pasien saja.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah kejiwaangangguan psikologispsikotik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil