Apa itu gangguan psikosomatis ?

SS Info Penanya: SS, Pria, 19 Tahun
Dokter saya mau tanya, tiap saya dalam keadaan stress, kenapa selalu timbul rasa cemas dan sering sakit kepala? Apa obat terbaik untuk mengurangi sakit kepalanya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SS.

Keluhan yang anda rasakan merujuk pada kondisi yang disebut sebagai gangguan psikosomatik. Psikosomatik berasal dari dua kata yaitu psiko yang artinya psikis, dan somatik yang artinya tubuh. Psikosomatik adalah gangguan fisik yang disebabkan oleh tekanan-tekanan emosional dan psikologis atau gangguan fisik yang terjadi sebagai akibat dari kegiatan psikologis yang berlebihan dalam mereaksi gejala emosi.

Ciri–ciri gangguan psikosomatik ditandai dengan adanya keluhan fisik yang beragam, antara lain :
a. Pegal – pegal
b. Nyeri di bagian tubuh tertentu
c. Mual
d. Muntah
e. Kembung dan perut tidak enak
f. Sendawa
g. Kulit gatal
h. Kesemutan
i. Mati rasa
j. Sakit kepala
k. Nyeri bagian dada, punggung dan tulang belakang

Pada umumnya pasien dengan gangguan psikosomatik sangat meyakini bahwa sumber sakitnya benar-benar berasal dari organ-organ dalam tubuh. Biasanya penderita datang kepada dokter dengan keluhan-keluhan, tetapi tidak didapatkan penyakit atau diagnosis tertentu, namun selalu disertai dengan keluhan dan masalah.

Bagaimana melakukan pencegahan terhadap gangguan psikosomatik?
- Olahraga 3 kali dalam seminggu, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, juga menjaga kesehatan jiwa
- Selalu berpikir positif
- Istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
- Konsumsi makanan yang sehat
- Hindari atau kelola stress dengan baik
- Berbagi dengan orang lain saat mempunyai masalah

Mengingat penanganan gangguan psikosomatik dengan mempertimbangkan pengobatan somatis (berorientasi pada organ tubuh yang mengalami gangguan), pengobatan secara psikologis (psikoterapi dan sosioterapi) serta psikofarmakoterapi (penggunaan obat-obatan yang berhubungan
dengan psikologi). Sebaiknya anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Untuk mengurangi nyeri kepala yang anda rasakan, anda bisa minum obat penghilang nyeri seperti paracetamol.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji



Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Korban bullying berisiko mengalami berbagai gangguan psikologis, salah satunya yaitu post traumatic stress disorder (PTSD)

Anak-anak Korban Bullying Berisiko Lebih Besar Terkena PTSD Saat Dewasa

Gangguan psikologis yang dapat timbul pada korban bullying bisa beragam. Salah satunya yaitu post traumatic stress disorder (PTSD). PTSD pada korban bullying bisa ditandai dengan berbagai ciri yang bisa dikenali sejak dini, seperti mengalami mimpi buruk, depresi, dan gangguan mental.