05 Oct 2020, 10:06Jantung

Apa itu dislipidemia dan fenofibrat?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, dislipidemia itu apa yah? Dan fenofibrat itu obat apa yah?
300 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Dislipidemia adalah sebuah kondisi ketika kadar lipid (lemak) dalam darah di atas normal. Penyakit ini juga sering disebut dengan dengan "kolesterol tinggi", yang sebaiknya ditangani hingga kadar kolesterol kembali normal, karena apabila dibiarkan berpotensi memicu komplikasi yang dapat berbahaya bagi jangka panjang.Dislipidemia dapat paling sering dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak tinggi, kurang olahraga, merokok (baik aktif atau pasif), ataupun terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol.

Jenis-Jenis Kolesterol

Pada tubuh, ada beberapa jenis kolesterol yang dikenal. Berikut tiga di antaranya:
  • HDL, atau dikenal sebagai kolesterol baik. Nilai normal HDL adalah >40 mg/dL untuk pria dan >50 mg/dL untuk wanita.
  • LDL, atau sering disebut kolesterol jahat. Nilai normalnya adalah di bawah 100 mg/dL.
  • Trigliserida, yaitu kolesterol yang berasal dari sisa energi yang belum dibakar tubuh. Nilai normalnya adalah <150 mg/dL.
Menjawab pertanyaan Anda, fenofibrat termasuk obat golongan fibrat, yaitu salah satu golongan obat yang difungsikan sebagai penurun kolesterol. Fenofibrat biasanya digunakan apabila kadar kolesterol trigliserida tinggi, disertai dengan HDL yang rendah. Pasalnya, dengan mekanisme kerjanya yaitu meningkatkan enzim pemecah lemak, fenofibrat mampu menurunkan trigliserida dan meningkatkan HDL.Tetapi, penggunaan fenofibrat sebaiknya jangan sembarangan, karena tergolong ke dalam obat keras yang membutuhkan resep dokter. Apabila dikonsumsi dengan cara yang tidak sesuai, fenofibrat dapat memicu risiko terjadinya batu empedu, radang pankreas, ataupun berpengaruh kepada otot-otot rangka.Jadi, apabila Anda atau seorang yang Anda ketahui menderita penyakit dislipidemia, konsultasikan kepada dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, agar mendapatkan penanganan yang sesuai dan tepat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kolesterolpembuluh darahpenyumbatan pembuluh darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil