29 Aug 2020, 22:14Perut

Apa ini kembung biasa?

W
Info Penanya: W0
Hi dok nama saya wulan usia 17 thn2 hari belakangan ini Perut saya terasa kembung yg beda dari biasa nya.. saat duduk tdk terlalu terasa sakit nya, tapi saat baring dan tidur menyamping rasa nya sangat terasa nyeri samar/bergejolak saya jadi sulit tidur dok' mohon solusi nya ?
3106 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat sore W,Kembung bisa terjadi karena beberapa penyebab, bisa karena terlalu banyak menelan udara saat makan atau minum, bisa karena produksi gas berlebih di saluran pencernaan akibat peningkatan asam lambung, infeksi saluran cerna, gangguan hati, gangguan empedu ataupun karena efek obat misalnya.Jika terasa tidak nyaman dan lebih mengganggu saat berbaring, bisa disebabkan karena asam lambung juga atau bisa karena GERD. Untuk memastikanya, sebaiknya bisa menceritakan pada orang tua agar dapat diantara memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Untuk sementara bisa coba mengatasi kembung dan meredakan gejala dengan beberapa cara seperti:
  • Makan lebih sering, coba makan sehari 3-4 kali tapi porsinya sedikit-sedikit saja
  • Makan dengan perlahan dan tidak buru-buru agar tidak banyak udara yang tertelan
  • Minum obat maag seperti antasida sebelum makan dan minum vitamin B6 untuk mengurangi rasa begah atau kembungnya
  • Hindari makanan yang bisa membuat kembung seperti makanan yang memproduksi gas misalnya makanan berlemak, kol, ubi, makanan bertepung atau ragi, minuman bersoda
Jika belum mereda maka sebaiknya tidak ditunda untuk memeriksakan diri ke dokter secara langsung. Jika lebih tidak enak saat tidur juga bisa posisikan tubuh lebih tinggi dengan menambahkan bantal ataupun hindari tidur 1-2 jam setelah makan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
masalah pencernaangangguan pencernaanperut kembung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil