28 May 2021, 20:59Kulit & Kelamin

Bnejolan vagina seperti jerawat apakah berbahaya?

AH
Info Penanya: AH, Wanita, 16 Tahun
tadi saya buang air biasa, terus saya cebok, kemudiar ada sensasi tingling, dan saat saya keringkan dengan tisu, ad darah dari dekat bibir vagina, terus saya raba dan terasa benjolan kecil seperti jerawat biasa, terus saya raba lagi dengan tekanan dan terasa di dalam benjolan seperti ada isinya, kemudin pas saya tekan dikit , keluar seperti isian jerawat agak banyak di tisu dan darah tetap keluar, apakah itu mungkin jerawat atau kista, atau berbahaya?
416 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi AHVagina bagian luar ditumbuhi rambut kemaluan yang tebal dan kasar sehingga berpori-pori besar. Adanya benjolan berisi cairan putih atau nanah bisa karena jerawat karena pada dasarnya jerawat dapat tumbuh di kulit mana saja pada tubuh yang berambut.

Benjolan Di Vagina Seperti Jerawat

Jerawat bisa muncul karena adanya penyumbatan pada kelenjar minyak karena minyak berlebih, sel kulit mati atau kotoran yang menumpuk. Selain jerawat benjolan juga bisa disebabkan karena folikulitis. Folikulitis adalah peradangan pada folikel (akar) rambut oleh karena infeksi bakteri yang masuk ke dalam.Sedangkan kista yang bisa terjadi pada vagina adalah kista bartholin yang terletak di bagian dalam bawah bibir vagina. Bartholin ini merupakan sebuha kelenjar yang bila salurannya tersumbat dan kemudian menyebabkan benjolan dan bisa terkena infeksi bila bakteri masuk ke dalamnya.

Mengatasi Benjolan Vagina

Kondisi ini tidaklah berbahaya dan bila ditangani dengan baik bisa sembuh dengan sendirinya. Untuk menanganinya dan mencegah kekambuhan benjolan vagina haruslah dengan menjaga kebersihan vagina. Upaya-upaya untuk mengatasi benjolan ini adalah:
  • Kompres hangat pada benjolan
  • Hindari menggunakan pembersih kewanitaan
  • Gunakan sabun bayi untuk membersihkan bagian luar vagina saat mandi
  • Bersihkan benjolan dari cairan dan darah dengan kain dan air hangat
  • Hindari memencet atau menggaruk benjolan
  • Tidak mencabut atau mencukur rambut kemaluan
  • Memakai celana yang tidak ketat dan bersih
  • Menggunakan pembalut atau pantyliners yang lembut dan tidak ada parfum, serta diganti per3jam
  • Menghindari seks bebas
Apabila benjolan tidak kunjung menghilang atau berkurang, yang malah bertambah besar dan nyeri atau kemerahan, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan untuk tindakan pengobatan lebih lanjut.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
jerawatfolikulitiskista bartholinkesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil