Apa hubungan pola makan dengan migrain dan cara mengatasi migrain?

RD Info Penanya: RD
Dok, saya mau tanyakan. Setiap kali saya tidak makan siang maka saya migrain. Saya baru minum obat bila migrain muncul. Apakah ada hubungannya pola makan dengan migrain dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RD,

Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala primer atau sakit kepala yang timbul akibat gangguan kepala itu sendiri tanpa dipicu oleh gangguan kesehatan lain. Migrain sering kali menimbulkan rasa sakit di satu sisi kepala ataupun keseluruhan kepala. Sebelum timbul gejala juga tidak jarang dapat didahului oleh kondisi pada indera tubuh seperti melihat kilatan cahaya, mendengar suara tertentu, mencium bau tertentu lalu baru timbul sakit kepala.

Pemicu timbulnya migrain sendiri beragam, mulai dari stres, kelelahan, kurang tidur, paparan cahaya yang terlalu terang, terlalu lama terpapar layar monitor atau gadget, paparan wewangian tertentu, suara bising dan lainnya. Tidak jarang juga bisa timbul karena gangguan pencernaan sehingga bisa berkaitan dengan pola makan, dimana ketika timbul gangguan pencernaan juga bisa timbul sakit kepala atau dikenal dengan abdominal migrain.

Untuk mengatasi migrain adalah perlu mencegah pemicunya dan mengenal tanda-tanda ketika migrain akan timbul terutama jika didahului oleh aura. Jika timbul gejala dapat dilakukan penanganan dengan beberapa cara yaitu dengan obat pereda nyeri seperti paracetamol, obat pereda migrain khusus dan obat lain sesuai gejala yang menyertai seperti misalnya ada mual dan muntah atau gejala pencernaan lain. Alternatifnya bisa juga dengan bahan alami seperti mengonsumsi air jahe, menghirup aromaterapi seperti minyak lavender, melakukan relaksasi dengan pijatan ringan, dan mengonsumsi makanan yang tinggi magnesium seperti susu, telur, dan biji-bijian.

Upayakan untuk menjaga pola makan, cukup tidur, cukup istirahat, kelola stres dengan baik, berolahraga teratur, hindari konsumsi kafein berlebih, hindari merokok atau mengonsumsi alkohol. Jika keluhan menetap periksakan pada dokter spesialis saraf untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit kepala belakang umumnya karena kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Penyebab sakit kepala belakang yang sering terjadi adalah karena postur tubuh yang buruk, migran, radang sendi pada leher, hingga sakit kepala tegang.