22 Dec 2020, 18:08Penyakit Lainnya

Apa hubungan kecapean dan mimisan ?

ST
Info Penanya: ST, Wanita0
Halo dok, saya ingin bertanya. Apabila saya terlalu cape saya sering tiba2 mimisan. Apakah itu normal dok? terima Kasih
767 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang I,Mimisan sebenarnya tidak berhubungan secara langsung dengan kecapean atau kelelahan. Tetapi berhubungan dengan penyebab dari kelelahan yang bisa memicu mimisan. Jadi bukan kelelahan yang menyebabkan mimisan.

Penyebab Mimisan

Mimisan ad 2 macam, ada yang di hidung bagian depan dan di bagian belakang. Mimisan yang terjadi di hidung disebabkan pecahnya pembuluh darah di hidung yang dinamakan plexus Hasselbach. Penyebab mimisan bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi yaitu :
  • Flu, pilek (rhinitis)
  • Kebiasaan mengorek hidung
  • Mengeluarkan lendir dengan kencang
  • Kelainan pembekuan darah
  • Anemia
  • Kanker nasofaring
  • Kanker darah
Beberapa kondisi di atas akan menyebabkan munculnya rasa lelah terlebih dahulu seperti anemia, rhinitis, dan kanker. Adanya peradangan pada hidung seperti rhinitis, demam panas, kanker nasofaring terjadi pelebaran pembuluh darah dan membuat dingingnya menipis sehingga mudah pecah. Ditambah peradangan dapat menimbulkan rasa gatal yang memicu keinginan untuk mengorek hidung atau karena kotoran yang tersaring di bulu-bulu hidung. Langkah pertama yang dapat anda lakukan saat mimisan adalah sebagai berikut :
  • Tekan bagian tengah batang hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk selama 10-15 menit
  • Kompres es pada pangkal hidung
  • Jangan mendongak, duduk seperti biasa dengan posisi badan sedikit condong ke depan
Bila perdarahan banyak dan tidak berhenti segera mencari pertolongan medis terdekat untuk dipasang tampon semtara untuk menghentikan perdarahan. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT untuk mencari sumber penyebab perdarahan. Sementara itu anda dapat menerapkan pola hidup sehat untuk mengatasi penyebab kelelahan dengan istirahat cukup, hindari stres, berolharaga rutin, makan bergizi, banyak buah dan sayur, serta air putih yang cukup. Hindari kebiasaan mengorek hidung serta lakukan pembersihan hidung dengan air infus normal saline yang juga bisa mengurangi peradangan. Smeoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
mimisankanker nasofaringanemiapembekuan darahkelelahanrhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil