Apa hubungan antara fibromyalgia dan bipolar disorder?

AB Info Penanya: AB, Pria, 22 Tahun
Apa hubungan antara fibromyalgia dan bipolar disorder?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi.

Terimakasih atas AB atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.

Fibromyalgia syndrome (FMS) adalah gangguan kronis yang ditandai oleh nyeri otot dan tulang yang menyebar luas dan persisten. Kondisi ini banyak dialami wanita (antara 61% dan 90%) dan terjadi pada sekitar 2-4% di seluruh dunia.2 Gejala terkait lainnya adalah kelelahan, insomnia, kekakuan pagi hari, depresi, dan kecemasan.

Selain itu, pasien FMS cenderung memiliki citra diri dan persepsi citra tubuh yang negatif, serta harga diri rendah dan efikasi diri yang dirasakan. Dalam beberapa kasus, pasien FMS menunjukkan ide bunuh diri, upaya bunuh diri, dan bunuh diri yang sempurna. Pasien FMS menganggap penyakit itu sebagai gangguan stigmatisasi dan tidak terlihat yang sulit dipahami. Persepsi penyakit negatif dan kurangnya dukungan sosial memperburuk gejala dan fungsi mereka. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa FMS mempengaruhi kesehatan mental penderita. Hal itu merupakan salah satu faktor risiko terjadinya bipolar pada pasien FMS. Namun mekanisme pastinya belum diketahui.

Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.

Salam Sehat,

dr. Annissa Fadila

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasakan banyaknya manfaat liburan yang bisa Anda rasakan disela-sela kesibukan pekerjaan.

6 Manfaat Liburan untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Risiko Serangan Jantung

Tidak hanya untuk bersenang-senang, melepas penat dan melupakan pekerjaan sejenak, manfaat liburan ternyata juga bisa menyehatkan jantung Anda. Bagi Anda yang masih jarang liburan, mungkin ini saat yang tepat untuk melakukannya lebih sering.