05 Jul 2020, 16:42Perut

Apa gula aren dapat menetralisir asam lambung?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Malam dokter.. saya mau tanya, apa aja sih manfaat gula aren asli untuk tubuh? Apa benar gula aren bisa menetralisir penyakit asam lambung? Mohon infonya ya dok, terima kasih.
59406 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, FF.Gula aren adalah pemanis yang berasal dari nira (cairan yang keluar) dari pohon enau. Berwarna cokelat kemerahan, gula aren dibuat dengan cara memanaskan nira hingga teksturnya kental, lalu dipanaskan hingga volumenya tinggal sedikit. Setelah itu, cairan tersebut akan dibiarkan hingga mendingin di dalam sebuah cetakan.

Manfaat Gula Aren

Gula aren melalui lebih sedikit proses ketimbang gula putih yang biasa digunakan sehari-hari. Oleh karena itu, jika Anda mengganti gula putih dengan gula aren, maka akan ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan bagi kesehatan, yaitu:
  • Membantu menghangatkan tubuh dalam udara dingin, misalnya saat dicampur dengan minuman wedang
  • Mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh
  • Membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil
  • Membantu menetralisir asam lambung
Perlu diingat, walaupun gula aren bermanfaat, tetapi jika dikonsumsi berlebihan tetap dapat memicu diabetes, ya. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi secukupnya saja, dan imbangi konsumsi gula aren dnegan mengonsumsi makanan sehat lainnya.Beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi apabila memiliki riwayat asam lambung adalah sayur, buah, serta makanan yang mengandung probiotik. Lalu, pastikan kebutuhan air putih harian cukup. Hindari makanan pedas, berminyak, serta minuman berkafein dan bersoda.Apabila ada keluhan mengenai asam lambung Anda seperti mual, muntah, atau diare, jangan sungkan untuk mengonsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
asam lambungmaagmakanan sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil