Apa gejala stroke dan kompilkasinya?

DA Info Penanya: DA
dok, papa saya ada hipertensi dan sudah kena stroke sudah setengah badan hampir tidak bisa gerak. belakangan ini dia mengeluh pusing yang tidak hilang. apakah ini komplikasi dari stroke atau hipertensi? bagaimana cara mengatasinya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DA,

Stroke adalah terjadinya defisit atau penurunan kemampuan neurologis baik pada motorik seperti gerakan tubuh maupun sensorik seperti kemampuan merasakan atau menggunakan indera tubuh yang terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah di otak. Stroke sendiri terjadi bisa karena penyumbatan pembuluh darah di otak atau disebut stroke iskemik ataupun karena pecahnya pembuluh darah di otak atau disebut dengan stroke hemoragik.

Penyebab stroke sendiri beragam, tetapi berkaitan dengan kondisi pembuluh darah mulai dari tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, kadar lemak darah yang tinggi, penggunaan obat tertentu seperti pengencer darah, adanya dinding pembuluh darah yang melemah, ataupun karena adanya pembuluh darah di otak yang tidak normal dan mudah pecah seperti aneurisma ataupun malformasi arteri dan vena.

Gejala stroke sendiri dapat timbul secara mendadak. Dapat diawali dengan melemahnya sebelah sisi anggota tubuh, seperti wajah yang tampak miring atau turun sebelah, kesulitan untuk senyum, tangan atau kaki yang melemah dan bisa merasa baal, bicara menjadi pelo ataupun kesulitan dan juga pada stroke hemoragik atau stroke perdarahan bisa disertai muntah dan sakit kepala hebat akibat peningkatan tekanan di otak.

Untuk mencegah stroke sendiri perlu untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, membatasi asupan garam, olahraga teratur, menjaga asupan makanan terutama dari makanan yang tinggi lemak, jaga berat badan ideal, kelola penyakit menahun jika menderitanya seperti jika memiliki hipertensi atau diabetes, hindari merokok, dan juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan berkala. 

Ketika sudah pernah stroke dan memiliki tekanan darah tinggi bisa menimbulkan sejumlah komplikasi ataupun gejala seperti misalnya sering kali mengalami sakit kepala, penurunan fungsi tubuh baik motorik atau sensorik, sampai bisa menimbulkan gangguan lain tergantung berat ringannya stroke dan area otak yang rusak akibat stroke. Periksakan ayah Anda pada dokter spesialis saraf secara berkala dan juga apabila keluhan semakin berat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Triptan adalah obat yang dikonsumsi untuk mengatasi serangan migrain

Obat Triptan untuk Atasi Serangan Migrain, Kenali Efek Sampingnya

Triptan adalah kelas obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi serangan migrain. Obat triptan tidak dapat mencegah migrain, namun dapat menangani sakit kepala ini begitu dirasakan oleh pasien. Triptan tidak dapat dikonsumsi sembarangan dan hanya bisa diresepkan oleh dokter.