Apa gejala siklus menstruasi yang tidak normal?

AS Info Penanya: AS
dok, saya Ani umur 21 tahun. siklus menstruasi saya sering tidak normal. saya sering terlambat menstruasi dan cuma sebentar. payudara saya juga sering nyeri dan perut kram. apakah tanda tanda ini berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Menstruasi adalah perdarahan yang timbul setiap siklusnya pada wanita akibat perubahan hormonal dan sel telur yang tidak dibuahi. Normalnya siklus menstruasi berlangsung antara 21 hari sampai 35 hari sekali dengan lama perdarahan antara 3 - 7 hari.

Apabila terjadi gangguan menstruasi bisa ditandai dengan beberapa gejala.

Diantaranya seperti perubahan siklus menstruasi, terlambatnya siklus lebih dari 35 hari sekali, perdarahan yang sedikit lebih cepat dari 3 hari ataupun perdarahan yang berkepanjangan lebih dari 7 hari dan juga bisa timbul gejala lain seperti perdarahan berlebihan dan juga nyeri hebat saat menstruasi yang disebut dengan dismenora.

Penyebab gangguan menstruasi sendiri beragam, diantaranya adalah gangguan hormonal, stres, efek samping metode kontrasepsi, gangguan kesehatan lain seperti gangguan tiroid, penyakit kronis dan juga bisa disebabkan oleh perubahan berat badan yang mendadak serta faktor psikologis dan aktivitas sehari-hari yang terlalu melelahkan baik fisik dan juga mental.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa upaya seperti memperbaiki gaya hidup sehari-hari dengan menjaga asupan makanan yang bernutrisi, cukup istirahat dan tidur, kelola stres dengan baik, cukup berolahraga, jaga berat badan ideal dan bisa gunakan langkah lain seperti mengonsumsi kayu manis, vitamin D, cuka apel, dan juga nanas dan jahe agar membantu melancarkan haid. Jika sering timbul gangguan haid maka baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis kandungan sehingga bisa diketahui penyebabnya dan dilakukan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.