Apa gejala gangguan prostat?

O Info Penanya: O, Pria, 21 Tahun
Selamat pagi dokter,saya mau tanya.Apa saja gejala prostat yg bermasalah?Saya mngalami kencing lemah,kadang trputus putus,tulang blakang sring sakit , trkadang mngalami sakit dbagian bawah kantung kmih sama dibagian testis..apa itu ada indikasi prostat bermasalah?Dan dokter spesialis apa yg menangani bidang trsebut?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, O.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Prostat merupakan kelenjar pada pria yang dapat memproduksi cairan yang berfungsi untuk melindungi sperma dan menjaga pergerakannya. Kelenjar prostat berbentuk bulat dan berukuran kecil serat terletak di antara penis dan kandung kemih. 

Seperti bagian tubuh lainnya, kelenjar prostat dapat mengalami gangguan, diantaranya adalah peradangan, pembesaran prostat jinak hingga keganasan atau kanker. Salah satu gangguan pada kelenjar prostat yang kerap kali terjadi pada usia muda adalah peradangan prostat atau prostatitis.

Terdapat beberapa gejala dari prostatitis, diantaranya adalah ;

  • kesulitan saat berkemih (retensi urin), adanya gejala nyeri saat berkemih, frekuansi buang air kecil yang bertambah saat malam hari dan adanya darah pada urin
  • rasa sakit di daerah perut bawah, alat kelamin dan punggung bawah
  • adanya rasa tidak enak badan seperti nyeri dan demam

Terkait dengan keluhan Anda, nyeri dan gangguan berkemih tersebut mungkin terjadi karena peradangan prostat, namun bisa juga disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Untuk memastikan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada ahli, yang dalam hal ini adalah dokter Spesialis Urologi.

Untuk sementara Anda dapat memperbanyak konsumsi air putih (untuk laki-laki 3,7 liter/hari, jika tidak ada riwayat penyakit jantung), mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek seperti paracetamol untuk membantu mengatasi nyeri yang dirasakan. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan yang dapat menyerang kandung kemih, ginjal, dan saluran penghubungnya. Konsumsi obat antibiotik, perawatan di rumah sakit, banyak minum air putih, dan hindari kebiasaan menunda buang air kecil merupakan cara mengobati sekaligus mencegah agar infeksi saluran kemih tidak berujung pada komplikasi.