31 May 2021, 17:13Perut

Apa gejala maag akut dan GERD?

SK
Info Penanya: SK, Pria0
Dok, apa gejala seseorang mengalami maag akut dan gejala GERD? Karena saya sebulan ini merasa nyeri dada seperti tertusuk-tusuk, nyeri perut kanan dan kiri atas (tengah jarang), merasa pusing di kepala bagian belakang, kadang berlendir kental dan dahak, dan nyeri punggung. Saya tidak sesak dan batuk serta pernah EKG normal. Saya sudah atur pola makan saya sedikit namun sering tapi tetap, nyeri. Berapa kisaran waktu maag akut bisa sembuh? Apa memang maag itu bisa menyerang selama berbulan2 ?
76 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Keluhan nyeri dada dapat  terjadi karena ada keluhan di jantung maupun karena peningkatan asam lambung. GERD merupakan peningkatan asam lambung yang dapat terjadi hingga ke tenggorokan. Gejalanya adalah terasa panas, nyeri hingga perih pada area ulu hati, nyeri perut, seding sendawa, mual, muntah, kembung, hingga rasa panas dan pahit di belakang lidah. Sedangkan maag adalah gejala peningkatan asam lambung, tanpa keluhan rasa pahit dan panas di belakang lidah karena asam lambung tidak naik hingga ke tenggorokan.

Membedakan nyeri lambung dengan jantung

Sedangkan nyeri dada yang berasal dari jantung biasanya terasa seperti di tekan dan menjalar hingga ke lengan atau tembus ke punggung namun jika sudah melakukan pemeriksaan EKG dan didapati hasil normal artinya keluhan nyeri dada berasal dari lambung. Selain mengatur pola makan, untuk dapat memperbaiki keluhan asam lambung harus dilakukan juga dengan konsumsi obat penurun asam lambung serta konsumsi air mineral dengan pH alkali untuk menetralkan asam.Salam satu obat yang dapat Anda gunakan adalah antasida 3x sehari sebelum makan, namun jika obat ini kurang bisa mnegatasi keluhan anda, lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk mnedapatkan obat dengan efektifitas yang lebih baik. Keluhan asam lambung dapat diderita seumur hidup, orang dengan penyakit ini harus selamanya menjaga pola makan karena dapat kambuh sewaktu-waktu dan harus membawa obat lambung kemanapun pergi sehingga saat kekambuhan terjadi obat dapat langsung diminum.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungmaaggerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil