20 Jun 2021, 21:36Penyakit Lainnya

Nyeri dada pada GERD dan paru-paru

M4
Info Penanya: M4, Pria, 23 Tahun
Apa bedanya nyeri dada dan gejala lain pada penyakit GERD dan penyakit Paru-paru? Apa ciri-ciri yang orang awam mengerti mengenai gejala kedua penyakit itu. Saya sudah lebih dari sebulan nyeri dada bagian kanan & kiri, letak nyeri keduanya dari bagian tulang selangka hingga bawah puting/dada namun tidak ada sensasi panas dan sesak. Saya sekitar 3 minggu lalu, saya EKG dengan hasil normal. Saturasi oksigen dan nadi baik. Apa gejala awal yg mencolok jika paru-paru bermasalah? Mohon konsulnya dok.
553 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi M,Nyeri dada adalah suatu kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai penyebab; mulai dari otot, tulang dada, jantung, paru-paru, hingga lambung. Untuk membedakannya, tentu harus dilakukan konsultasi menyeluruh dengan dokter; mulai dari anamnesis (tanya jawab), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang.

Gejala Penyakit Paru dan GERD

Spesifik ke dua penyakit yang Anda sebutkan, yaitu GERD dan penyakit paru, maka perlu diketahui dulu penyebab dari dua penyakit tersebut.GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease, adalah penyakit pencernaan yang disebabkan oleh melemahnya katup esofagus. Akibatnya, asam lambung refluks (naik kembali ke kerongkongan). Dalam proses refluks tersebut, asam lambung akan melalui area dada, sehingga terjadilah nyeri dada. Selain nyeri, biasanya dada juga terasa panas. Gejala GERD juga biasanya disertai sendawa, nyeri ulu hati, dan biasanya dipicu karena pola makan yang kurang baik.Sedangkan penyakit paru dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari infeksi, alergi, hingga trauma fisik misalnya benturan. Gejala awal pada penyakit paru biasanya tergantung dengan jenisnya. Jika penyakitnya parah dan berkembang secara cepat, maka nyeri dada akan disertai dengan sesak napas. Sedangkan jika penyakitnya berkembang perlahan, maka biasanya tidak muncul gejala sama sekali, dan tidak menurunkan saturasi oksigen.Mengenai keluhan Anda, jika ada nyeri dada di kanan dan kiri di bawah tulang selangka hingga bawah dada, tanpa panas dan sesak; maka belum spesifik ke arah dua penyakit tersebut. Masih ada kemungkinan lain seperti otot, tulang, ataupun faktor psikologis misalnya gangguan kecemasan. Jika memang sudah pernah melakukan EKG dan pemeriksaan fisik seperti saturasi dan nadi, coba konsultasikan hasilnya secara langsung kepada dokter penyakit dalam. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut yang dibutuhkan, misalnya rontgen dada. Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, barulah dapat dipastikan apa penyakit Anda. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit paru-parugerdnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil