Apa gejala depresi?

ER Info Penanya: ER, Pria, 20 Tahun
dok, kenapa saya merasa resah seperti tidak pernah merasakan kebahagiaan dengan banyak uang pun banyak teman belum tentu saya merasa seneng/bahagia. kerja merasa nggak nyaman lebih suka sendiri. suka nonjokkin bdan sendiri jika emosi naik, tiap malem merasa sedih dan pngn nangis se kenceng"nya tapi gatau karna apa. dulu waktu sekolah ortu cerai dan sempat terjerumus ke obat"an dan minuman,tapi dengan niat dari hati saya bisa berenti dari obat"an, tapi kalo minum saya masih minum bir terkadang.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Perasaan sedih, merasa bersalah, kesepian yang sering Anda alami ini merupakan suatu gejala dari gangguan depresi. Gangguan depresi merupakan gangguan perasaan yang menyebabkan perasaan sedih terus menerus, kehilangan minat dengan hal-hal yang biasa disukai, dan terkadang merasa tak layak untuk hidup. Penyebab dari gangguan ini yaitu biologis (perubahan fisik di otak), kejadian yang membuat traumatis, genetik, penyalahgunaan obat-obatan, cedera kepala, dll. Beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosa gangguan depresi selain pemeriksaan fisik adalah CT scan atau MRI, EKG, EEG, dan tes wawancara.

Kondisi Anda ini harus segera diatasi. Tidak dapat dibiarkan terus menerus karena akan mengganggu kesehatan mental dan aktivitas Anda sehari-hari. Untuk sementara, cara mengatasinya dengan berusaha mengalihkan pikiran Anda ke kegiatan-kegiatan yang positif seperti olahraga, menonton film, kumpul dengan teman-teman, berdoa, tidur yang cukup, makan makanan yang sehat, dll. Jika cara diatas tidak memberikan hasil, saya sarankan untuk Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis jiwa agar dapat dilakukan pemeriksaan dan di terapi dengan tepat dengan psikoterapi.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berikan dukungan kepada orang yang sedang mengalami depresi

Cara Mengatasi Depresi yang Diderita Kerabat Terdekat

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang dapat dialami oleh orang-orang yang Anda sayangi. Perubahan suasana hati secara ekstrem adalah gejala depresi. Dukungan dan pendampingan sangat berpengaruh dalam proses kesembuhan mereka.