11 Oct 2021, 17:22Kandungan

Apa gejala dari hamil kosong?

Y
Info Penanya: Y0
Dok, saya telat haid sudah satu minggu dan saya lakukan testpack hasilnya positif. Lalu, saya cek ke dokter kandungan dan katanya tidak ada janin di rahim. Apakah ini salah satu gejala hamil kosong? Apa saja gejala yang pastinya dok? Penyebab dan cara mengatasinya gimana?
90 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, YTerima kasih atas pertanyaan AndaHamil kosong adalah keadaan hasil konsepsi (calon janin) tidak berkembang dengan baik, sehingga tidak menjadi embrio. Dalam istilah medis, hamil kosong ini disebut dengan blighted ovum. Hamil kosong biasa terdeteksi pada trimester pertama kehamilan, yaitu sekitar usia kehamilan 8 minggu. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari hamil kosong, namun adanya masalah kromosom, pengaruh kualitas sperma dan atau sel telur dan faktor genetik bisa mempengaruhinya,

Berikut ini adalah gejala dari hamil kosong:

  • Hasil test pack positif, karena hormon HCG juga terdeteksi pada urin wanita dengan kondisi hamil kosong
  • Muntah atau mual
  • Tidak haid atau amenorea sekunder
  • Rasa tidak nyaman pada payudara
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda,untuk memastikan apakah kondisi Anda benar-benar hamil kosong ataukah tidak maka perlu dilakukan evaluasi. Biasanya, dokter spesialis kandungan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik dan USG ulang 2 minggu kemudian. Pastikan Anda tetap konsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, jaga kebersihan area kewanitaan dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter speisalis kandungan untuk memantau kondisi Anda. Terkait tindakan apa yang akan dilakukan, perlu disesuaikan dengan kondisi Anda saat dilakukan pemeriksaan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kesehatan kandungankehamilanpenyakit kandunganhamil kosong
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil