03 Nov 2021, 17:43Kepala

Apa gejala cedera otak traumatik?

K
Info Penanya: K0
Dok, apakah benturan dikepala akibat jatuh dari motor bisa dikatakan cedera otak traumatik? Sebenarnya, cedera otak traumatik itu apa? Apa gejala dan penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya? THANKQ
153 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo K,Cedera otak sebenarnya adalah cedera kepala berat yang bisa mempengaruhi penurunan fungsi otak dan disebut juga dengan gegar otak. Namun jika ringan umumnya keluhan cenderung tidak menimbulkan cedera otak dan mungkin hanya memerlukan perawatan dirumah seperti kompres dingin dan konsumsi obat pereda nyeri ringan.

Gejala cedera otak 

Pada keadaan tertentu  misalnya terjadi guncangan pada otak, pukulan diarea kepala maupun atau kepala terbentur maka kondisi ini dapat meningkatkan tekanan dalam kepala. Kondisi ini kemudian menyebabkan terjadinya gejala seperti : 
  • Pingsan dan tidak sadarkan diri
  • Linglung sesaat atau hingga amnesia
  • Mata berkunang
  • Telinga berdenging.
  • Mual dan muntah.
  • Bicara meracau atau penurunan kesadaran
Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan ini adalah menghindari aktifitas berat, lakukan bed rest, segera ke IGD untuk melakukan rontgent kepala agar dapat diketahui ada tidaknya perdarahan dalam rongga kepala akibat benturan, serta lakukan konsultasi lebih lanjut dan rawat inap jika dicurigai adanya kemungkinan gegar otak maupun perlu dilakukan penanganan cedera otak oleh dokter spesialis saraf .Baca juga forum terkait cedera kepala berikut ini :
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
sakit kepalatraumacedera kepala
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil