Apa fungsi vitamin A, C, dan E untuk kesehatan kulit?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya baru beli produk kecantikan dengan merek Nu Amoorea. Katanya mengandung vitamin A, C, dan E untuk mempertahankan kelembapan kulit. Kalau menurut ilmu medis, dok, apakah benar fungsi vitamin tersebut untuk kesehatan kulit? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Vitamin adalah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, yang terdiri dari vitamin A, B, C, D, E, dan K. Sayangnya, yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh hanya vitamin D dan K, sedangkan vitamin A, B, C, dan E harus didapat dari luar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seseorang perlu mengonsumsi makanan tertentu atau suplementasi.

Salah satu fungsi vitamin bagi tubuh adalah antioksidan, yaitu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Dengan minimnya radikal bebas, penuaan akan berjalan lebih lambat. Selain itu, antioksidan juga dapat mencerahkan dan melembabkan kulit. Nah, vitamin A, C, dan E yang Anda sebutkan, dapat berperan sebagai antioksidan.

Selain dari suplemen, Anda juga bisa mendapatkan vitamin tersebut dari makanan-makanan berikut:

  • Vitamin A: wortel, tomat, paprika merah, mangga, ubi, dan bayam 
  • Vitamin C: jeruk, lemon, kiwi, pepaya, jambu biji
  • Vitamin E: alpukat, brokoli, kiwi, biji bunga matahari, bayam

Lalu, selain memenuhi kebutuhan vitamin A, C, dan E tubuh, Anda juga harus memastikan bahwa asupan air putih harian Anda cukup agar kulit tetap terhidrasi. Lakukan juga olahraga rutin, agar peredaran darah lancar dan kulit tampak cerah alami. Juga, gunakan produk kecantikan dan make up yang sesuai jenis kulit, ya.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bekal anak sekolah sebaiknya dilengkapi dengan makanan bergizi

5 Jenis Makanan yang Wajib Ada dalam Bekal Anak Sekolah

Bekal anak sekolah sebaiknya dilengkapi dengan sumber karbohidrat, protein, sayur, buah, dan susu. Batasi juga makanan yang mengandung gula dan lemak jahat.