09 Feb 2021, 07:36Penyakit Lainnya

Apa fungsi utama dari bantal bayi ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dokter, bayi saya berumur 5 bulan dan saat ini posisi tidurnya sudah tidak beraturan sehngga setiap tidur saya tidak pernah memberikannya bantal bayi. Apakah ada efek samping jika bayi tidur tidak menggunakan batal?
347 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Sl.Penggunaan bantal pada bayi harus dengan pertimbangan yang baik, karena bukan hanya memberikan manfaat namun juga dapat menimbulkan risiko pada bayi. Bayi sebaiknya tidak mennggunakan bantal karena dapat menyebabkan kematian mendadak pada bayi atau yang disebut dengan sudden death infant syndrome.

Apa fungsi utama dari bantal bayi ?

Banyak orang tua memberikan bantal agar kepala bayi  tetap diam dan tidak peyang saat dewasa. Namun orangtua tidak memikirkan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh efek penggunaan bantal tersebut. Beberapa bantal bayi yang dijual adalah bentuk bulat, bentuk datar, bantal yang empuk, maupun bantal berbentuk U.

Apa efek berbahaya yang ditimbulkan penggunaan bantal bayi ?

Bayi yang tidur menggunakan bantal, mengalami penekanan yang terus menerus di kepala, sehingga menimbulkan rasa panas di bagian kepala yang dapat memicu hipertermia dimana hipertermia dapat mengancam nyawa bayi. Selain itu penggunaan bantal bayi yang empuk, membuat kepala bayi tenggelam sehingga bayi sulit untuk bernafas. Bahan dari bantal bayi dapat keluar dan termakan oleh bayi. Bantal yang berpindah juga dapat menutupi muka bayi. Bantal berbentuk U, membuat bayi sulit untuk bergerak.Untuk itu, sebaiknya bayi Anda tidak menggunakan bantal demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Letakkan bayi tidur di kasur khusus, gunakan kasur yang datar, hindari penggunaan selimut yang terlalu tebal dan besar, hindari benda-benda di sekitar bayi. Selalu awasi bayi. Jangan lupa untuk mengontrol perkembangan bayi di dokter spesialis anak.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
menidurkan bayitumbuh kembang bayisindrom kematian mendadak pada bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil