05 Feb 2021, 11:16Penyakit Lainnya

Apa fungsi temulawak bagi kesehatan tubuh?

A
Info Penanya: A0
temulawak sering sekali dijadikan obat herbal dan memiliki khasiat untuk tubuh, apa saja fungsi temulawak bagi kesehatan tubuh?
814 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, A.Kesehatan tubuh harus dijaga dengan baik, karena menjaga kesehatan lebih mudah dibanding mengobati suatu penyakit. Menjaga kesehatan bisa dengan berbagai cara, yakni menerapkan pola hidup sehat sejak muda, rutin berolahraga minimal 15 hingga 30 menit dalam sehari, minum air putih sesuai kebutuhan, konsumsi makanan sehat, bila perlu konsumsi vitamin untuk meningkatkan imun tubuh. Kesehatan bukan hanya sekedar fisik, namun juga mental. Dimana saat mental sakit, maka tubuh yang sehat juga bisa mengalami beberapa keluhan.

Apa fungsi temulawak bagi kesehatan ?

Indonesia kaya akan rempah, dimana rempah memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan, termasuk temulawak. Temulawak adalah tanaman herbal yang berbentuk seperti kunyit. Temulawak mengandung karbohidrat, kurkumin, kalsium, magnesium, protein, lemak, zat besi serta zat aktif seperti p-toluimetillkarbinol dan seskuiterpen d-kamper meransang cairan empedu, germakron dimana berfungsi sebagai antiradang, dan tumeron sebagai antimikroba. 

Bagimana cara mengolah temulawak untuk kesehatan ?

Cara mengolah temulawak untuk kesehatan antara lain dengan membuat temulawak menjadi sebuah minuman. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah :
  • Siapkan sekitar 2 ruas temulawak yang segar dan 1 sendok makan madu asli. 
  • Kupas kulit temulawak lalu cuci bersih dengan air mengalir.
  • Parut temulawak dan tambahkan setengah gelas air panas, kemudian saring ampasnya.
  • Tambahkan 1 sendok madu, lalu minum selagi hangat.
Anda juga dapat mengkonsumsi temulawak yang sudah dalam bentukan kemasan, sesuai dengan takaran yang ada. Namun temulawak bukanlah obat pengganti dari suatu penyakit. Untuk itu, Anda tetap harus menjaga kesehatan, lakukan medical check up secara rutin dan tetap konsumsi obat sesuai indikasi medis berdasarkan pemeriksaan dokter.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kesehatanherbalpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil