09 Mar 2021, 14:33Kulit & Kelamin

Apa fungsi dari sunat pada bayi perempuan ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dokter, apa benar bayi perempuan harus disunat juga? Apa fungsi dari sunat pada bayi perempuan?
268 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Sl.Ketika pasangan muda baru mempunyai anak dimana tinggal bersama keluarga yang memiliki kebiasaan turun temurun atau percaya akan suatu mitos baik tindakan seperti sunat perempuan membuat orangtua merasa binggung dan takut apakah hal ini memang wajib dilakukan dan apakah ini berbahaya jika atau tidak dilakukan.

Apa fungsi dari sunat pada bayi perempuan ?

Sunat perempuan tidak dianjurkan dalam segi medis karena bukan memberikan manfaat untuk kesehatan melainkan risiko yang berbahaya. Sunat perempuan banyak dilakukan karena kepercayaan akan mengurangi nafsu seksual ketika perempuan dewasa. Sunat perempuan juga dilakukan oleh tenaga non medis seperti dukun dengan menggores klitoris menggunakan pisau.

Apa efek berbahaya yang ditimbulkan dari sunat perempuan ?

Efek berbahaya yang dapat ditimbulkan oleh sunat perempuan antara lain :
  • Perdarahan.
  • Infeksi.
  • Nyeri.
  • Jaringan parut pada bekas luka.
Sunat perempuan berbeda dari sunat laki-laki dimana sunat pada laki-laki memiliki banyak manfaat seperti mencegah infeksi saluran kemih dan fungsi reproduksi serta seksual. Untuk itu, jangan melakukan tindakan sunat perempuan yang sama sekali tidak ada manfaat dan bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Tetap rawat dan jaga kesehatan anak termasuk organ reproduksi, bersihkan vagina setelah berkemih, keringkan dengan cara menepuk ringan menggunakan handuk berbahan lembut, ganti pakaian dalam saat basah, kontrol perkembangan secara rutin di dokter spesialis anakSemoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
vaginitiskesehatan vaginasunat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil