Apa ekstrak daun pegagan bisa untuk meredakan stres dan cemas?

WA Info Penanya: WA, Wanita, 16 Tahun
Assalamu''alaikum Dok,.Kalau ekstrak daun pegagan it cocok ap tdk ya di konsumsi scr terus - menerus utk remaja usia 16 ? Dengan alasan utk meredakan dan menghilangkan stres & rasa cemas..Terima kasih Dok,Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabbarakatuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WA,

Daun pegagan atau Cantella asiatica dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan seperti untuk meredakan cemas dan depresi, membantu pemulihan luka, mengurangi pembengkakan, mengurangi stretch marks, dan membantu meningkatkan kognitif otak. Meskipun begitu, daun pegagan juga memiliki efek samping yang bisa timbul seperti misalnya jika digunakan sebagai obat oles yang bisa memicu iritasi dan reaksi alergi.

Jika berupa ekstrak juga perlu dibatasi penggunaannya karena penggunaan dalam jangka waktu lama terlebih produk yang belum tersertifikasi bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan, efektivitasnya sendiri juga perlu dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut.

Apabila mengalami stres dan cemas juga perlu dipastikan penyebabnya dan mengatasinya. Bisa juga berkonsultasi dan memeriksakan diri pada profesional seperti psikolog dan dokter spesialis jiwa agar bisa membantu mengatasi masalah psikologis yang terjadi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

WA
25 Nov 2019, 12:28
Jika d konsumsi scr terus - menerus akan menimbulkan efek samping, mka jika d konsumsi dlm wktu yg lama ttpi mengkonsumsinya scr jarang apa itu juga akan menimbulkan efek samping ??

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ansietas berlebih adalah gangguan kecemasan sosial yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari

Atasi Ansietas dengan Terapi Seni

Ansietas atau rasa cemas berlebih adalah gangguan kecemasan sosial yang dapat mengganggu kehidupan. Terapi seni dapat digunakan untuk mengatasi ansietas. Terapi seni dipilih sebagai media untuk mengekspresikan konflik dan permasalahan yang dialami seseorang.