23 Sep 2021, 12:56Gigi & Mulut

Apa efek tidak ganti karet behel?

SL
Info Penanya: SL0
Dok, saya sudah menggunakan behel hampir satu tahun, tapi baru ganti behel sekali saja. Soalnya setiap ganti behel,gigi saya sakit dan susah makan. Namun, banyak yang bilang tidak bagus jika tidak ganti behel secara rutin. Apa manfaat akret behel, Dok? Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengganti karet behel? Apa efek samping tidak mengganti karet behel?
134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang SLTerima kasih atas pertanyaan AndaBehel adalah suatu prosedur medis yang dilakukan oleh dokter gigi dengan tujuan untuk merapikan susunan gigi. Tindakan pemasangan behel ini biasanya dilakukan atas dasar kondisi medis tertentu pada gigi terkait dengan susunan gigi, gigi tonggos, gigi renggang (jarak antara gigi satu dengan yang lain terlalu jauh) hingga adanya masalah pada rahang. Pemasangan behel ini bisa dilakukan pada usia remaja hingga usia dewasa baik pria ataupun wanita.

Pemasangan karet behel

Saat dlakukan pemasangan behel seseorang harus melalui beberapa proses hingga terpasangnya behel pada gigi. Salah satu komponen dari behel adalah adanya karet behel yang berfungsi untuk menarik atau mengencangkan posisi antar behel pada gigi satu dengan yang lainnya sehingga susunan gigi bisa sesuai.

Berikut ini adalah efek bila tidak dilakukan penggantian karet behel:

  • Posisi gigi kembali ke semula
  • Proses penggunaan behel semakin lama
  • Penggunaan behel kurang efektif
  • Risiko infeksi terutama bila kebersihan gigi dan mulut tidak dijaga dengan baik
Pergantian karet behel bisa dilakukan setiap 2 -  4 minggu tergantung kondisi gigi, sehingga setiap orang berbeda-beda tergantung dari hasil pemeriksaan oleh dokter gigi. Dengan rutin melakukan pergantian karet behel maka perawatan gigi dan mulut selama menggunakan behel akan sesuai, serta risiko terjadinya infeksi akan lebih berkurang. Oleh sebab itu, lakukanlah pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin bila Anda menggunakan behel ke dokter gigi terdekat.Pastikan juga Anda tetap menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, konsumsi makanan yang bergizi, konsumsi sayur serta buah-buahan dan beristirahatlah dengan cukup. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan gigikesehatan mulutkawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil