22 Feb 2021, 11:17Kandungan

Apa efek samping pil kb andalan jika dikonsumsi tidak teratur?

F
Info Penanya: F, Wanita, 26 Tahun
Dokter, saya sedang menggunakan pil kb andalan, tapi di awal-awal saya sering lupa mengonsumsinya dan terkadang saya double dihari berikutnya. Apakah ada efek samping pil kb andalan ini?
3594 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya.Pil KB memiliki efek hingga 99% dalam mencegah kehamilan dengan pemakaian yang teratur.  Pil KB andalan adalah jenis pil KB kombinasi yang dibagi warna putih dan warna kuning.  Warna kuning mengandung hormon diminum pada 21 hari pertama lalu dilanjut 7 hari minum pil putih yang mengandung zat besi.  Hormon pada pil KB akan bekerja dengan menghambat pelepasan sel telur, mencegah sel telur untuk melekat di dinding rahim serta menghambat sperma untuk dapat masuk ke rahim.  Selain manfaat tersebut, tentu ada efek samping pil KB yang dapat terjadi.

Efek samping penggunaan pil KB :

  • gangguan siklus haid.
  • sakit kepala.
  • peningkatan berat badan.
  • gangguan pencernaan.
  • keputihan berlebih.
Untuk memastikan kerja pil KB maksimal perlu keteraturan dalam minum pil KB setiap harinya.  Disarankan untuk minum di jam yang sama agar terbentuk pola kebiasaan sehingga tidak mudah lupa.  Terkait yang anda tanyakan, penggunaan pil KB yang tidak teratur dapat menurunkan efek kerja dari pil KB tersebut sehingga risiko kehamilan akan semakin besar walaupun menggunakan KB.  Bila anda mengalami kesulitan untuk teratur minum pil KB, sebaiknya ganti jenis kontrasepsi yang tidak memerlukan keteraturan seperti implant atau KB spiral.  Konsultasikan perihal penggunaan KB dengan dokter di puskesmas atau klinik terdekat. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil