15 Feb 2021, 18:29Kulit & Kelamin

Apa efek samping penggunaan sublock untuk ibu hamil?

F
Info Penanya: F, Wanita, 26 Tahun
Dokter, saya rutin menggunakan sunblock nivea. Namun, saat ini saya sedang hamil. Apakah penggunaan sunblock ini baik untuk ibu hamil?
96 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaannya.Perawatan wajah dan badan saat hamil tentu tetap perlu dilakukan guna menjaga kesehatan kulit wajah dan badan.  Tetapi memang tidak semua produk perawatan dapat digunakan saat hamil karena ada beberapa kandungan yang menurut penelitian memiliki efek terhadap kesehatan kandungan dan janin.

Kandungan yang tidak diperbolehkan saat hamil :

  • Retinoid atau retinol sering terdapat pada produk anti penuaan dini. Alternatif dari produk ini dapat gunakan vitamin C, asam kojic, asam glikolik.
  • Hidrokuinon tidak diperbolehkan sehingga gunakan vitamin C untuk mencerahkan kulit.
  • Benzoyl peroxide dan asam salsilat tidak disarankan. Ganti dengan asam mandelic, azalaic acid.
  • Oxybenzone yang terdapat pada sunblock atau sunscreen. Gunakan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide sebagai alternatif sunscreen.
Salah satu perawatan yang penting adalah sunblock atau sunscreen.  Penggunaan sunblock dapat mencegah risiko kanker kulit akibat paparan sinar matahari yang berbahaya.  Gunakan setidaknya sunblock dengan SPF minimal 30++.Terkait yang anda tanyakan, bila dalam kandungan sunblock anda terdapat zat yang dilarang sebaiknya hentikan.  Oxybenzone yang terdapat pada produk tabir surya menurut penelitan berisiko menimbulkan cacat janin yang dinamakan Hirchsprung’s disease.Anda dapat cari sunblock yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang terhitung lebih aman pada kehamilan.  Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit bila anda mengalami permasalah dengan produk kulit saat hamil.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
perawatan kulitkehamilankulit dan kecantikanperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil