Apa efek samping obat penghilang nyeri haid ?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Siang dokter. saya sering merasakan nyeri kalo hari pertama haid. saking nyerinya sampe saya harus minum obat buat penghilang nyeri. Tapi, ada yang bilang kalau terlalu sering minum obat bisa menyebabkan rahim kering dan sulit punya anak. Ini benar tidak sih, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Nyeri haid umum dirasakan oleh wanita ketika awal haid sampai 2-3 selama haid, nyeri ini dirasakan akibat rahim berkontraksi sebagai usaha untuk meluruhkan jaringan di dalam rahim akibat tidak terjadi proses pembuahan yang akan keluar sebagai darah haid. Namun Anda tetap perlu waspada bila nyeri haid yang dirasakan sangat berat, tidak membaik dengan obat pereda nyeri ringan, atau nyeri yang berlangsung lebih dari 4 hari, dan tidak rutin terjadi setiap bulan karena ditakutkan ada penyakit lain seperti endometriosis, radang panggul, adenomiosis, dll.

Salah satu penanganan nyeri haid bisa dengan menggunakan obat pereda nyeri ringan seperti paracetamol, dan obat ini aman diminum meskipun untuk jangka panjang, sehingga tidak benar bila ada anggapan orang awam akan menimbulkan ketergantungan, menyebabkan rahim kering atau sampai susah punya anak. Namun pada orang dengan gangguan lambung, pereda nyeri seringkali menimbulkan efek samping berupa mual, muntah dan nyeri ulu hati. Dan hal tersebut bisa disiasati dengan cara minum obat setelah makan, menghindari makanan pedas, asam, dan kopi, atau bisa dikonsumsi bersama-sama dengan obat lambung.

Selain minum obat pereda nyeri, Anda juga bisa mengatasi nyeri haid dengan cara :
  1. Kompres perut yang sakit menggunakan air hangat.
  2. Lakukan relaksasi seperti yoga, meditasi.
  3. Berolahraga untuk mengalihkan perhatian dan melepaskan hormon endorfin.

Bila keluhan nyeri haid Anda termasuk golongan yang perlu diwaspadai seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.