Apa efek samping kuret?

Y Info Penanya: Y, Pria, 33 Tahun
dokter, apakah kuret ada efek sampingnya? trus berlangsung berapa lama? 2 bulan lalu istri saya keguguran dan harus di kuret karena pendarahan banyak. sampai sekarang katanya perut masih terasa sakit.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, VB.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kuret (kuretase) adalah salah satu prosedur pembedahan yang dilakukan setelah terjadinya keguguran dengan tujuan untuk mengeluarkan sisa-sisa jaringan pada proses kehamilan yang tidak seluruhnya keluar saat proses keguguran. Sebutan kuret sendiri berasal dari nama alat yang digunakan pada prosedur tindakan tersebut.

Pada dasarnya kuret dapat berfungsi menjadi alat untuk mendiagnosis dan menangani suatu kondisi. Selain dilakukan pada proses pembersihan jaringan pasca keguguran, kuret dapat menajadi alat untuk pengambilan sampel jaringan pada perdarahan rahim abnormal yang perlu diuji di laboratorium sebagai deteksi kondisi yang berpotensi menjadi keganasan.

Walaupun relatif aman dan jarang mengakibatkan komplikasi yang serius, namun prosedur kuret ini tetaplah memiliki risiko seperti :
  • Perdarahan hebat
  • Perforasi (lubang) pada rahim
  • Kerusakan pada leher rahim
  • Timbulnya jaringan parut pada dinding rahim
  • Infeksi di dalam rahim
Terkait dengan pertanyaan Anda tentang istri Anda yang memiliki riwayat tindakan kuret, perlu diketahui bahwa prosedur kuret ini juga dapat memberikan efek samping yang meliputi :
  • Kram perut
  • Sakit punggung
  • Keluarnya bercak darah

Namun, umumnya efek samping tersebut tidak berlangsung lama dan bersifat ringan. Apabila keluhan ini sudah berjalan cukup lama dan disertai perdarahan yang panjang dan memberat, adanya demam serta keluarnya cairan berbau busuk dari vagina. sebaiknya Anda segera membawa istri Anda untuk diperiksa kembali kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski sama-sama membahas mengenai kesehatan reproduksi wanita, obstetri dan ginekologi ternyata memiliki fokus ilmu yang berbeda

Apa Perbedaan Obstetri dan Ginekologi?

Obstetri dan ginekologi (Obgyn) adalah spesialisasi ilmu kedokteran yang berbeda. Lingkup kerjanya masuk dalam dua masalah kesehatan terbesar wanita, yaitu kesehatan reproduksi wanita dan kehamilan.